UPI Melestarikan Budaya di Purwakarta

10Purwakarta, UPI

Dalam ikut melestarikan Budaya Sunda, UPI Kampus Purwakarta mengisi Mata Kuliah Pengembangan Ekstrakurikuler bagi semester II Tahun Ajaran 2015/2016, telah membina 80 siswa SD dan MI yang berada di Kabupaten Purwakarta, Subang, Karawang, Bekasi dan Bandung. Kegiatan tersebut menurut Dr. H. Agus Muharam sebagai pengampu Mata Kuliah tersebut termotivasi bahwa “ Baik dikalangan Mahasiswa PGSD sebagai calon Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Purwakarta hanya 10% yang bisa menyanyikan lagu-lagu tersebut padahal lagu tersebut indah dan penuh edukatif”. Adapun teknik melestarikan Rampak Sekar sesudah mahasiswa dibina oleh Dosen, mengembangkan ke Sekolah (SD dan MI) selama satu bulan tentang lagu, 10 lagu Sunda seperti : Isola, Karatagan, Pahlawan, Tanah Sunda, Bandung Lembang.

Hasil binaan tersebut digelarkan melalui Pasanggiri Rampak Sekar kerjasama UPI dengan Pemerintah Kabupaten Purwakarta, yang pada waktu Pasanggiri tersebut Bupati yang diwakili Hj. Mustika Mulyadi sebagai ketuaPKK Kabupaten merasa bangga dan salut dengan kegiatan tersebut sehingga anak-anak tidak hanya hapal lagu Indonesia  dan Barat, tetapi lagu-lagu daerah pun mereka senangi, dilanjutkan dengan memberikan uang pembinaan bagi juara Rampak Sekar yakni : SDN 1 Garokgek Wanayasa, SD Yos Sudarso, SD Al Muhajirin, SD 1 Cicinde Karawang, SD Ciwangi Bungursari dan SDIT Cendekia Purwakarta.09

Demikian juga dengan Rampak Silat Padungdung Bandung yang dilaksanakan Juni 2016, Mahasiswa UPI dengan penuh kekhusuan membina para siswa SD, MI dan Alhamdulillah di Pasanggirikan dengan penuh keharuan, sebagaimana diungkapkan dalam pembukaan oleh Pupuhu Mangle Drs.H. Uu Rukmana, M.Si bahwa:” Terimakasih kepada Mahasiswa yang telah ikut melestarikan dan mengembangkan Rampak Silat kepada generasi muda yang telah dilupakannya”, sekaligus memberikan hadiah, piagam, dan langganan Mangle gratis selama 3 bulan kepada SD yang menjadi juara : SD 1 Sindangkasih, SDK Yos Sudarso, SD Ciwangi Bungursari, SD Maracang Babakan Cikao, dan SDIT Cendekia, sedangkan juara paporit di raih oleh SD Cilengkrang Bandung. (Sanusi Raharjo/UPI Kampus Purwakarta/WAS)  

~ dilihat : 37 kali ~