UPI Melepas 4.800 Mahasiswa Ikuti KKN

UPIBandung, UPI

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari tridharma perguruan tinggi.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia (LPPM UPI) bekerjasama dengan Yayasan Dana Sejahtera Mandiri  atau disebut Yayasan Damandiri, Senin (24/6/2013) menyelenggarakan Pelepasan KKN Tematik Mahasiswa UPI 2013, pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB, di  Gymnasium UPI, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. Kegiatan ini dihadiri oleh 4557 orang peserta KKN, para Bupati/Walikota dan para Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota di Jawa Barat, para pimpinan di lingkungan UPI. Pelepasan ini akan dilakukan bersama oleh Rektor UPI Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. dan Prof. Dr. Haryono Suyono sebagai Ketua Yayasan Damandiri. Selain itu akan dimeriahkan juga oleh penampilan Gemari yaitu kesenian khusus dari tunanetra, dialog para Bupati/Walikota, dan kesenian lainnya.

Program KKN UPI diarahkan menjadi KKN tematik berbasis pendidikan sebagai wahana pengabdian kepada masyarakat, berlandaskan pada kompetensi akademik, kewirausahaan, dan profesional, dengan tujuan sebagai program kurikuler, program kokurikuler, program ekstrakurikuler, dan program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. KKN di UPI merupakan program kurikuler wajib bagi seluruh mahasiswa UPI (S1), termuat dalam kurikulum program S1 termasuk kelompok mata kuliah umum (MKU) dengan bobot 2 SKS.

Seperti disampaikan oleh Sekretaris LPPM UPI Dr. Yadi Ruyadi, M.Si., bahwa KKN tematik UPI Tahun 2013 akan menyelenggarakan enam tema, yaitu : (1) KKN Keaksaraan Fungsional, (2) KKN Posdaya, (3) KKN PAUD, (4) KKN Lingkungan Hidup, (5) KKN MBS, dan (6) KKN Kearifan Budaya Lokal. Jumlah peserta KKN termasuk mahasiswa Kampus Daerah seluruhnya 5611 orang.

Lokasi KKN-nya meliputi 12 Kabupaten/Kota, yaitu : (1) Kota Bandung, (2) Kota Cimahi, (3) Kabupaten Bandung Barat, (4) Kabupaten Bandung, (5) Kabupaten Tasikmalaya, (6) Kota Tasikmalaya, (7) Kabupaten Sumedang, (8) Kabupaten Indramayu, (9) Kabupaten Purwakarta, (10) Subang,  (11) Kabupaten Garut, dan (12) Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Kemudian jumlah kecamatan meliputi 55 kecamatan, 412 desa, dan dibimbing oleh 140 dosen pembimbing lapangan (DPL). Mahasiswa akan berada di lokasi KKN selama 40 hari, yaitu sejak tanggal 24 Juni sampai dengan 3 Agustus 2013. (Dodi Angga)

~ dilihat : 522 kali ~