UPI Loloskan 5 Kelompok dalam Pimnas ke-26 di Mataram

1

Mataram, UPI

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) berhasil meloloskan 5 kelompok untuk berkompetisi dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-26, yang bertema “Menjalin Komunikasi dalam Mengukir Prestasi untuk Kejayaan Bangsa,” Senin-Jumat (9-13/9/2013), di Universitas Mataram, Jln. Majapahit No. 62 Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Tim Pimnas UPI yang lolos seleksi itu terdiri atas 19 orang, terbang ke Mataram didampingi oleh lima dosen pembimbing untuk berkompetisi dengan 400 karya ilmiah lainnya yang berasal dari 28 Provinsi dengan 106 kontingen dari PTN maupun PTS.1

Pimnas merupakan forum komunikasi ilmiah sebagai ajang penyajian karya pikir kreatif dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Peserta Program Kreatifitas Mahasiswa yang lolos itu diantaranya Eric Perdana Putra sebagai ketua untuk kategori Program Kreatifitas Mahasiswa Penelitian (PKMP) dengan judul Dual Adsorben (silica gel-limbah kulit sapi) dalam Optimalisasi Purifikasi Bioetanol dengan Metode Sistem Batch; Hadi Yanuar Iswanto sebagai ketua untuk kategori PKMP dengan judul Desain Pengembangan Green Architecture di Kawasan Dago dengan Pendekatan Arsitektur Tradisional Sunda.

Kategori Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) dengan judul TASLENG (Telur Asin dalam Kaleng) Sebagai Inovasi Menjaga Keawetan dan Higienitas dengan cara yang Modern dimotori oleh Muhamah Rizki Abrighani; sementara itu Linoharsih Khaerunnisa mengawal PKMK dengan judul ”Brosca” Bros dari Limbah Kain Perca sebagai Alternatif Bisnis Berorientasi Triple Bottom Line, dan untuk kategori Program Kreatifitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKMKC) dengan judul Eksplolasi zipper pada Desain Busana Kreasi sebagai Alternatif Decorative Trim diketuai oleh Seni Sri Aryani.3

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan Prof. Dr. H. Dadang Sunendar M.Hum., mengatakan bahwa keikutsertaan UPI dalam ajang Pimnas ini perlu disyukuri dan diapresiasi dengan baik karena hal ini merupakan ajang komunikasi dan silaturahim, bertukar pengalaman dan ide serta informasi dengan kontingen dari seluruh Indonesia. (Dodiangga)

~ dilihat : 351 kali ~