UPI Jalin Kerjasama Dengan APBIPA Indonesia

mou apbip 1Bandung, UPI

Pembantu Rektor UPI Bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan, Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum melaksanakan penandatanganan MoU dengan  APBIPA Indonesia pada tanggal 18-19 Mei 2013 di Denpasar Bali.

APBIPA (Asosiasi Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) Indonesia adalah organisasi profesi yang beranggotakan guru BIPA dan lembaga penyelenggara BIPA di Indonesia. Misi utama APBIPA adalah memartabatkan Bahasa Indonesia dan memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia kepada orang asing.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Umum APBIPA Bali Nyoman Riyasa, M.Ed., Ketua Pengembangan Bidang Profesi Prof. Widodo Hs., Koordinator Bidang Publikasi M. Bundhowi, dan Kepala Balai Bahasa UPI Dr. Wahyu Sundayana, M.A.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum APBIPA Nyoman Riasa mengemukakan bahwa  APBIPA selama ini memiliki kepercayaan terhadap UPI, karena selama ini memiliki komitmen terhadap  perkembangan APBIPA. Selain itu APBIPA secara historis didirikan di IKIP Bandung (sekarang UPI) pada Tahun 1999 setelah penyelenggaraan Konferensi Internasional Pengajaran BIPA yang ke-3.

Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum. menyampaikan bahwa saat ini UPI  belum banyak melakukan kerja sama dengan asosiasi profesi. Padahal sesungguhnya setiap Prodi tidak terpisahkan dengan asosiasi profesinya. Khusus untuk APBIPA,  profesi ini dibangun tidak saja terkait dengan Prodi Bahasa Indonesia tetapi untuk semua prodi terkait.mou apbip 2

“Dalam satu tahun terakhir kurang lebih 200 orang asing belajar bahasa Indonesia di UPI dan dalam waktu dekat UPI akan menjajagi pembukaan prodi/konsentrasi  BIPA di Sekolah Pascasarjana,” ungkap Prof. Dadang

UPI memandang bahwa BIPA merupakan kebutuhan bersama dan pada masa mendatang APBIPA dapat mengeluarkan sertifikat bekerjasama dengan UPI, tambahnya.

Keesokkan harinya Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum memberikan pengarahan dan pencerahan kepada para peserta workshop yang diselenggarakan APBIPA di Denpasar tentang pentingnya pemahaman dan pengembangan APBIPA di Indonesia. (Arciana D)

mou apbip 4

mou apbip 3

~ dilihat : 375 kali ~