UPI dan IPGKTAR Sajikan Orkestra Senada Sehati

1

Bandung, UPI

Pertunjukan orkestra yang bertajuk “Senada Sehati”, menghadirkan para mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Seni Musik FPBS UPI dan mahasiswa Institut Pendidikan Guru Kampus Tun Abdul Razak (IPGKTAR) Serawak Malaysia. Pertunjukan Senada Sehati yang digelar Jumat malam (27/9/2013) merupakan  hasil kerjasama dalam bidang musik yang dilakukan antara UPI dan IPGKTAR.

Pertunjukan musik yang menampilkan lagu-lagu nusantara yang berasal dari dua negara seperti lagu Etnik Serawak dari Malaysia dan lagu Rasa Sayange dari Indonesia itu diolah kembali dalam bentuk irama orkestra sehingga mendapat decak kagum para penonton yang memenuhi gedung Kebudayaan Kampus UPI. Lagu-lagu yang diaransemen oleh Abdul Latif Bin Poli (IPGKTAR) dan Drs. Agus Firmansyah,M.Pd (UPI)sepanjang dua jam itu mengahadirkan pula lagu-lagu hit dua negara.

Ketua Jurusan Pendidikan Seni Musik FPBS UPI, Dr. phil. Yudi Sukmayadi, M.Pd mengatakan, pagelaran ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya dalam rangka kerjasama pergelaran musik dengan perguruan tinggi di Malaysia. Di tahun pertama tepatnya pada tahun 2011 pergelaran musik dilakukan dengan UPSI Malaysia, namun untuk tahun ini perguruan tinggi yang berkolaborasi ialah Institut Pendidikan Guru Kampus Tun Abdul Razak Serawak Malaysia.

2Dijelaskan ia, para pemain dalam pertunjukan ini adalah mahasiswa terpilih dari dua universitas, sehingga ini menjadikan sebuah pengalaman yang luar biasa bagi mereka. Momentum ini menjadi sangat penting bagi Jurusan Pendiidkan Seni Musik FPBS UPI, sebagai salah satu rujukan akademis yang dapat membantu kami dalam upaya untuk meningkatkan kualitas mahasiswa sebagai calon pendidik musik di masyarakat.

“Sebagai salah satu jurusan yang konsisten untuk mempersiapkan calon pendidik musik tersebut kami pun serius untuk senantiasa meningkatkan kualitas sumber daya pengajar maupun kualitas sarana untuk mendukung tercapainya kualitas pembelajaran yang tinggi”, ujar Yudi.

Melalui kerjasama dengan media musik ini, diharapkan akan mengikis perbedaan dan terjalain pengertian dan rasa hormat serta terjalin hubungan baik antara dua negara ini. (Deny)