UPI Bantu Pemerintah Dalam Pembangunan Pendidikan

1 (2)Bandung, UPI

Adanya Undang-Undang Republik Indonesia No. 22 Tahun 1999 tentang otonomi daerah telah memberikan harapan baru bagi peningkatan kualitas pendidikan di daerah. Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota memiliki wewenang untuk mengurus sektor pendidikan secara mandiri. Pendidikan menyangkut hajat hidup orang banyak, oleh karenanya pendidikan dijadikan sebagai salah satu tolok ukur bagi kemajuan daerah, juga sebagai penentu masa depan yang menentukan maju-mundurnya suatu negara/daerah.

Status otonom yang disandang pemda, mendorongnya untuk dapat merumuskan besaran alokasi budget pendidikan guna menunjang ketersediaan sarana-prasarana pendidikan, peningkatan profesionalisme guru, pengembangan kurikulum serta melibatkan peran serta masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan.

Banyaknya permasalahan pada fase pembangunan pendidikan di daerah otonom, membuat Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) membentuk jejaring kerja pembangunan pendidikan daerah yang bekerjasama dengan pemda di seluruh Indonesia. Grand design secara komprehensif diperlukan untuk mengaktualisasikan pembangunan di bidang pendidikan, hal ini terungkap dalam rapat koordinasi persiapan kegiatan dialog nasional yang dihadiri oleh para pimpinan UPI, Selasa (5/3/2013), di Gedung University Center  UPI Lt. 3.

2 (3)Pembentukan jejaring kerja ini merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat, UPI membantu pemerintah dan pemerintah daerah dalam pengembangan dan penyusunan kebijakan pendidikan dan program pembangunan pendidikan daerah. UPI akan melakukan pengembangan sistem perencanaan/pemetaan guru dan meningkatkan mutu profesi dan kinerja guru secara berkelanjutan.

Menyusun dan mengembangkan model, efisiensi pengelolaan sekolah, relevansi kurikulum dan program pendidikan, efektifitas pembelajaran, dan evaluasi pendidikan yang akurat, merupakan bagian dari tujuan khusus pembentukan jejaring kerja pembangunan pendidikan daerah.

Hal lainnya adalah mewujudkan peningkatan mutu secara berkelanjutan melalui pendayagunaan sistem dan mekanisme manajemen dan penjamin mutu pendidikan, serta membangun insentive sytem untuk mendorong pemda meningkatkan kinerja pembangunan pendidikan, melalui UPI Education Development Index (UPI-EDI). (D0di)