Universitas Indonesia Mengirim 10 Mahasiswa ke Simulasi Sidang PBB di Harvard

Indeks Berita


Universitas Indonesia Mengirim 10 Mahasiswa ke Simulasi Sidang PBB di Harvard

Posted by admin on 2013-02-15 15:05:54

(Depok) – Universitas Indonesia secara resmi melepas sepuluh mahasiswa untuk mengikuti kompetisi Harvard National Model United Nations (HNMUN) 2013. Adapun kontingen Universitas Indonesia dilepas oleh Arman Nefi, Kepala Sub Direktorat Kemahasiswaan, pada hari Jumat, 8 Februari 2013 di acara pelepasan yang digelar di Perpustakaan Pusat UI. Dalam kompetisi yang merupakan simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa tertua dan terbesar di dunia ini, UI akan bertemu dengan 3000 delegasi dari 40 negara lainnya.

Delegasi UI tahun ini tersaring dari 200 peserta dari 12 fakultas yang mengikuti lima tahap seleksi yang sangat ketat. “Mulai dari seleksi dokumen, esai, chamber workshop, simulasi, sampai wawancara, sepuluh individu ini menunjukkan performa yang sangat memuaskan,” komentar faculty advisor Andhyta Firselly Utami. Delegasi tersebut terdiri dari Hanifah Ahmad, Garlan Archista Duarsa, Adlini Ilma Ghaisany Sjah, Nicko Arie Prasadana, Tanita Dhiyaan, Roderick J.M. Sibarani, Rizki Yuniarini, Siti Aisyah R., Rino Nugroho, dan Gea Larissa Kuncoro.

Pada konferensi yang akan berlangsung di Boston, Amerika Serikat pada 14-17 Februari ini, UI akan memilih peran sebagai wakil Negara Uganda. “Tahun ini kami mewakili salah satu negara Afrika paling signifikan dalam dinamika politik internasional satu dekade terakhir,” komentar Ketua Delegasi UI Hanifah Ahmad. Isu-isu yang akan dibahas meliputi keamanan, kesehatan, energi, kesetaraan gender, serta HAM. “Dengan peran sebagai representatif Negara Uganda, kami harus membahas isu-isu tersebut dari sudut pandang Dunia Ketiga dengan masalah domestiknya sendiri,” tambah Hanifah.

Andhyta menuturkan, kualitas delegasi Indonesia dari tahun-ke-tahun semakin membaik. HNMUN 2013 menjadi kesempatan untuk membuktikan bahwa kemampuan negosiasi dan public speaking putera-puteri tanah air dapat bersaing dengan mereka dari negara-negara maju lain seperti Amerika Serikat, Inggris, Belanda, dan sebagainya.

~ dilihat : 371 kali ~