UN Direkomendasikan Tetap Berjanjut

Uyu WahyudinBandung, UPI

Evaluasi pengawasan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) diperlukan untuk menggali dan mengeksplorasi saran, kritik, serta masukan tentang pelaksanaan UN untuk pelaksanaan di tahun-tahun berikutnya.  Ketua Pelaksana Panitia Pengawasan UN Provinsi Jawa Barat Dr. Uyu Wahyudin, M.Pd., mengatakan,”Evaluasi ini tentang kinerja dari sub rayon atau titik simpan terakhir dan pengawas satuan pendidikan (PSP) terkait tugas, pokok dan fungsi yang telah disiapkan oleh pusat.”

“Apakah di lapangan masih terjadi penyimpangan atau tidak? Bila ada kita harus selektif dalam memilih orang yang mempunyai loyalitas tinggi dan penuh tanggung jawab dalam pelaksanaan UN, karena ini adalah tugas negara. Kami meminta para ketua seksi agar dapat melaporkan kegiatan apa saja yang telah dilakukan dalam pelaksanaan UN melalui kegiatan Evaluasi Pengawasan Ujian Nasional Provinsi Jawa Barat tahun 2014 untuk memperoleh timbal balik positif dari para sub rayon dan pengawas satuan pendidikan (PSP),” ujarnya.

Dilaporkan hanya 0,021 % peserta yang tidak lulus UN, artinya pengawasan kurang optimal. Evaluasi ini ditekankan pada pencarian data konkret untuk memperbaiki kinerja para pelaksana dalam pelaksanaan UN ke depannya. Pelaksanaan UN masih akan berlanjut selama belum dicabut kebijakannya oleh Pemerintah atau Kemendikbud, tambah Dr. Uyu.

UN seyogyanya dapat memberikan manfaat sebagai paspor untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi, UN sebagai sarana pemetaan pendidikan secara nasional. UN dapat dijadikan sebagai alat ukur dalam peningkatan mutu pendidikan di berbagai pelosok daerah sampai tingkat satuan.

Dijelaskan,”Tentang pelaksanaan UN tentunya akan menuai pro dan kontra dan pastinya akan ada. Menurut perguruan tinggi, pengawasan ini pasti ada kendala tapi kita dapat mencarikan solusi melalui pengawasan yang sesuai POS, kita akan minimalisir permasalahan di lapangan, tapi intinya kita sudah melakukannya sesuai dengan pos pengawasan.”

Evaluasi Pengawasan Pelaksanaan Ujian Nasional SMA/MA, SMA LB, SMK serta Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan Paket C dan Paket C Kejuruan Tingkat Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat ini berlangsung, Jumat (27/6/2014), di Hotel Banana Inn Jl. Dr. Setiabudi No. 191 Bandung.(Dodiangga)

~ dilihat : 303 kali ~