UKM Tenis Meja UPI Berikan Penataran Kepada Calon Wasit Tenis Meja

tenis meja

Bandung, UPI

Sebanyak 75 orang yang tergabung dalam persatuan tenis meja se-kota Bandung mengikuti penataran wasit tenis meja tingkat pengcab, Jumat-Minggu (13-15/12/2013) di Gedung University Centre Kampus UPI Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. Kegiatan penataran wasit tenis meja ini merupakan event hasil kerjasama antara UKM Tenis Meja UPI bersama Pengcab PTMSI Kota Bandung dan Telkom Indonesia.

Ketua pelaksana, Dian Nurul Ichsan mengatakan program penataran ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh UKM Tenis Meja UPI yang bertujuan untuk melaksanakan program UKM  Tenis Meja UPI, dan program Pengcab PTMSI kota Bandung dalam meregenerasi wasit khususnya di kota Bandung umumnya Jawa Barat.

Menurut ia, hasil dari pelatihan ini akan diseleksi untuk menjadi wasit pada kejuaran Telkom Open se-Indonesia yang akan dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (21-22/12/2013). Peserta akan diseleksi dalam dua tahap diantaranya ujian teori tentang pemahaman peraturan dan sistem perwasitan tenis meja. Dan ujian praktek teknis dalam memimpin pertandingan yang akan dinilai pada simulasi pertandingan.

Pada pelatihan kali ini, para peserta diberikan materi mengenai sistem pertandingan, prosedur perwasitan, psikologi perwasitan, manajemen pertandingan, yang menghadirkan pemateri yang berkompeten dibidang perwasitan tenis meja diantaranya Dr. Nurlan Kusmaedi,M.Pd (Pembina UKM dan wakil Pengda Ketua Jawa Barat); Drs. Dikdk Ahmad Sadikin (Pengda PTMSI Jabar Bidang Wasit dan Pertandingan); dan Indra Safari,M.Pd (Pengda PTMSI Jabar Pendidikan dan Pelatihan)

“Hasil dari penataran tersebut akan dipilih sebanyak 38 orang untuk menjadi wasit pada event telkom tersebut”, ungkap mantan UKM Tenis Meja periode 2011/2012.

Ia berharap, dengan kegiatan ini muncul bibit wasit tenis meja yang profesional sehingga dapat membawa angin segar bagi perwasitan tenis meja baik tingkat nasional maupun internasional. (Deny)

~ dilihat : 479 kali ~