UKM Sepakbola UPI Berkontribusi bagi Sepakbola Nasional

Bandung, UPI

NETNET

Jangan melihat buku dari sampulnya, itu adalah sepenggal pribahasa yang tepat untuk dialamatkan kepada dunia sepakbola Indonesia saat ini. Masih banyak khalayak umum yang melihat sepakbola Indonesia dari sisi negatif tanpa melirik sedikit pun terhadap mereka yang berjuang dalam membangun persepakbolaan Indonesia ke arah yang benar. Kondisi saat ini, memang sangat pailit dan klimaks dengan banyaknya sikap yang bermunculan dengan ditandainya kubu yang menentang setiap keputusan yang diambil PSSI selaku Pemilik Seluruh Sepakbola Indonesia.

Masih teringat jelas di telinga kita ketika terjadi kerusuhan kecil di sebuah pertemuan seluruh “juragan” sepakbola Indonesia yang pada awalnya bertujuan mempersatukan bangsa namun menjadi alat penghancur bangsa. Akhirnya banyak orang sepakbola yang memilih mengibarkan bendera putih di olah raga paling terkenal di dunia ini.

Jika kita sangdingkan pikiran ini ke arah barat sejenak, ada sebuah wilayah yang berisikan calon orang yang akan membangun sepakbola Indonesia. Terletak di pusat kota di provinsi Jawa Barat, UKM Sepakbola UPI yang konsistensi dengan visi dan misi mereka, yaitu “UKM terpandang dan berwibawa”. Organisasi internal kampus ini menjadi wadah bagi para mahasiswa yang berkecimpung di sepakbola sebagai laboratorium untuk bereksperimen sebelum mereka terjun ke masyarakat.

Sebuah badan, pasti memiliki kepala artinya suatu organisasi pasti memiliki pemimpin atau ketua. UKM Sepakbola telah banyak melahirkan ketua dari tahun ke tahun dengan melakukan kaderisasi yang baik dan konsisten. Pada dasarnya, organisasi ini menyiapkan mahasiswa yang unggul dan terdepan, karena kelak mereka (pengurus) akan terjun ke masyarakat yang telah memiliki keahlian di bidang sepakbola. Baik itu di kepelatihan, perwasitan, maupun manajemen sepakbola. Berikut adalah para eks-ketua UKM Sepakbola UPI yang berkontribusi terhadap sepakbola Indonesia, sebagai berikut :

  1. Muhamad Yamin S, M.Pd (Ketua UKM Sepakbola UPI 2002-2004 sebagai Wasit Futsal berlisensi FIFA dan Wasit Nasional Sepakbola)
  2. Hidral Abdurrahman, S.Pd (Ketua UKM Sepakbola UPI 2005-2006 sebagai Pelatih Fisik Tim Sepakbola Popnas Jawa Barat)
  3. Bangbang Syamsudar, M.Pd (Ketua UKM Sepakbola UPI 2006-2007 sebagai Wasit Sepakbola berlisensi FIFA)
  4. Anas Apriliandi, S.Pd (Ketua UKM Sepakbola UPI 2007-2008 sebagai Wasit Nasional Futsal)
  5. Asep Suryadi, S.Pd (Ketua UKM Sepakbola UPI 2008-2009 sebagai Pelatih Fisik Semen Padang U-21)
  6. Dany Aulia, S.Pd (Ketua UKM Sepakbola UPI 2010-2011 sebagai Sekretaris Tim Pelita Bandung Raya)
  7. Muhamad Rasyid, S.Pd (Ketua UKM Sepakbola UPI 2011-2013 sebagai Pelatih Fisik Persib U-21)

Para mantan ketua UKM Sepakbola ini sedang memberikan sesuatu yang berarti bagi perkembangan sepakbola indonesia di berbagai bidangnya, baik itu dari segi teknis maupun non-teknis. Ilmu serta pengalaman yang mereka dapatkan di bangku perkuliahan dan organisasi internal kampus ini sedikit demi sedikit mereka aplikasikan di dunia sepakbola Indonesia.

Tentunya, para mantan ketua ini bisa berkembang karena ada dukungan moril serta bimbingan dari para pembina UKM sepakbola UPI, yaitu para dosen sepakbola FPOK UPI. Jadi, sudah siapkah kalian (mahasiswa) untuk membantu memajukan sepakbola Indonesia. (Muhamad Rasyid, Mantan Ketua UKM Sepakbola UPI)