UKM LEPPIM UPI, Muda Kuat Muda Bermanfaat!

5

Bandung, UPI

1Muda Kuat Muda Bermanfaat! Satu kalimat inilah yang selalu menjadi motor penggerak motivasi keluarga besar Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Penelitian dan Pengkajian Intelektual Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UKM LEPPIM UPI). Di awal tahun 2013, UKM LEPPIM UPI telah membubuhkan banyak resolusi penuh ambisi namun tetap realistis guna peningkatan kreativitas prestasi anggota. Tempaan kompetensi penalaran, penelitian dan kepenulisan ilmiah selalu diberikan ke setiap anggota dengan berbagai narasumber baik intenal maupun eksternal UKM LEPPIM UPI. Sebagai pusat pengembangan keilmiahan mahasiswa di lingkup Universitas Pendidikan Indonesia, UKM yang mempunyai jargaon “Kita Mahasiswa Ilmiah!” ini terus berupaya memupuk iklim keilmiahan mahasiswa di internal kampus dengan berbagai upaya. Selain itu, UKM LEPPIM UPI juga senantiasa berupaya mengglobalkan kompetensi keilmiahan baik di kancah nasional maupun internasional. Tercatat di semester pertama tahun 2013, UKM LEPPIM UPI telah mencatatkan sejumlah prestasi baik tingkat regional, nasional, maupun internasional.

Berikut adalah capaian prestasi anggota UKM LEPPIM UPI kurun waktu Januari – Juli 2013:

  1. Tiga Pemakalah di Aceh Development Internasional Conference, University of Malaya, Malaysia
  2. Dua Pemakalah di Kolokium Pembangunan Pendidik Muda Indonesia-Malaysia, UPI, Indonesia
  3. Pemakalah pada 4th Global Islamic Mareketing Conference, Turkey
  4. Mahasiswa Berprestasi Tingkat UPI Tahun 2013
  5. Mahasiswa Berprestasi FIP UPI Tahun 2013
  6. Mahasiswa Berprestasi FPEB UPI Tahun 2013
  7. Delegasi Indonesia pada International Student Week in Ilmenau, Jerman
  8. Finalis LKTA Islamic Chemistry Week, ITS, Surabaya
  9. Dua Accepted Paper di CISAK PERPIKA, Daejon, Korea Selatan
  10. Accepted Paper di AISC Taiwan
  11. Accepted Paper di ISATE, Jepang
  12. Finalis LKTI Qur’ani MTQ Nasional UNP, Padang
  13. Anggota tim peneliti Basa Urang Project Prof. Abigali C. Cohn/Cornell University Amerika, Bandung, Ciwedey, Subang, dan Purwakarta
  14. Pemakalah Prodi Linguistik SPs UPI dan Masyarakat Linguistik Indonesia Cabang UPI, Bandung
  15. Pemakalah Pusat Kajian Bahasa dan Budaya, Unika Atma Jaya, Jakarta
  16. Mewakili UPI dalam Mag-D 2013 di ITB, 16 Maret 2013
  17. Diundang sebagai pemakalah pada The 1st International Conference on Research and Educatıon – Challenges Toward the Future (ICRAE2013), 24-25 May 2013, University of Shkodra “Luigj Gurakuqi”, Shkodra, Albania. (Accepted Paper)
  18. Finalis Blog Competition Teknologi Hijau Daihatsu 2013
  19. Lolos seleksi untuk mengikuti Summer School “Achievements and Applications of Contemporary Informatics, Mathematics and Physics” di Kiev, Ukraina.
  20. Empat judul PKM yang didanai DIKTI Tahun 2013.
  21. Juara 1 Lomba Film Pendek Tutorial UPI 2013.
  22. Penerima Hibah DIKTI program PHBD 2012(masih berlangsung).

2Di sela-sela mengabdi pada KKN tematik, Direktur UKM LEPPIM UPI, Nurul Aisyah, mengungkapkan penghargaannya atas capaian UKM LEPPIM UPI di semester pertama 2013. “Partisipasi anggota LEPPIM di even ilmiah baik tingkat regional, nasional, maupun internasional tersebut merupakan salah satu agenda penguatan internal LEPPIM. Semoga partisipasi tersebut dapat menjadi insipirasi dan memberikan stimulus positif bagi mahasiswa dalam menghidupkan atmosfer keilmiahan di UPI” tutur Nurul. Pernyataan tersebut selaras dengan yang disampaikan oleh Kepala Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia UKM LEPPIM UPI, Agus Ramelan, yang menyatakan bahwa dalam kepengurusan sekarang, UKM LEPPIM UPI menaruh perhatian besar pada kompetensi sumber daya internal yang berkarakter, unggul, solutif, dan kontributif khususnya di bidang keilmiahan mahasiswa. Oleh karena itu, menurut DPSDM UKM LEPPIM UPI dalam upaya memfasilitasinya maka dimunculkan proker baru yaitu Manajemen Even dan Kompetisi Ilmiah(Manevkomil). Proker ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi anggota serta merelevansikannya dengan even maupun kompetisi ilmiah yang ada.

“Cerdas, Hebat, dan prestatif” Kiranya tepat saya berikan kepada anak-anak muda UKM LEPPIM UPI. Lahirnya sosok-sosok anak di UKM LEPPIM UPI secara nyata mampu memberikan kesan positif dan mengangkat nama baik UPI di kancah nasional dan internasional. Bukan hanya terpaan kedewasaan dan kemandirian saja yang dibina dan dikembangkan UKM LEPPIM UPI ini,  tapi juga jiwa ilmiah dan kemaslahatan bagi semua. Terbukti, segudang prestatif sudah diraih anak-anak muda LEPPIM dan ini menjadi kebanggaan bagi UPI. Saran saya, semua mahasiswa baiknya mengikuti UKM ini. Selamat berilmiah dan jadikan ini sebagai moment of awakening!” tutur Firman Aziz, S.Pd, M.Pd. (salah satu pembimbing UKM LEPPIM UPI).3

Pengurus UKM LEPPIM UPI 2013/2014

Semester pertama UKM LEPPIM UPI penuh prestasi ini tentunya dipersembahkan untuk kampus Universitas Pendidikan Indonesia dan berhilir ke Bangsa Indonesia. Tentu saja, dalam perjalanannya UKM LEPPIM UPI tidak sendirian melainkan banyak pihak yang senantiasa memberikan dukungan baik materi maupun immateri. Untuk itu, segenap keluarga besar UKM LEPPIM UPI menyampaikan terima kasih sebanyak-banyaknya terutama kepada Universitas Pendidikan Indonesia, Pengarah, Dosen Pembimbing, rekan-rekan mahasiswa dan seluruh pihak yang belum bisa disebutkan satu per satu. Besar harapan prestasi UKM LEPPIM UPI ini membawa kebermanfaatan dan tentunya meningkat di semester berikutnya.  (Agus Ramelan/Kadep DPSDM UKM LEPPIM UPI)