UI Terjunkan 29 Mahasiswa dalam Ekspedisi Nusantara Jaya 2016

enj1

UI turut ambil bagian dari program Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2016 yang dilakukan di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Program ini berlangsung dari tanggal 1–8 Oktober 2016.

UI mengirimkan sebanyak 29 mahasiswa dari berbagai fakultas untuk menjalankan 9 program pengabdian masyarakat di Pulau Tidung.

Program-program pengabdian masyarakat ini terbagi dalam tiga tema besar, yaitu ekonomi kreatif, kesehatan lingkungan, dan pendidikan yang disesuaikan dengan kondisi sosial budaya Pulau Tidung.

Program ekonomi kreatif yang dijalankan berupa pelatihan pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) bagi ibu-ibu rumah tangga, pembuatan laman dengan domain desa.id, dan pembuatan peta potensi wisata Pulau Tidung.

Nantinya laman yang dibuat akan menjadi media promosi unit-unit usaha masyarakat dan potensi wisata Pulau Tidung ke masyarakat luas.

“Beberapa tim kami yang anak geografi juga membantu pihak kelurahan dalam memetakan potensi-potensi wisata Tidung ke dalam sebuah peta dengan bantuan aplikasi geografi,” ujar Putri, Ketua Pelaksana Program ENJ UI.

Selain itu, tim UI juga memberikan program edukasi UKS (Unit Kesehatan Sekolah) Cerdas bagi para dokter cilik di Pulau Tidung berupa pemberian materi pengetahuan gizi dasar dan pola hidup sehat.

Lebih lanjut, dalam rangka menjalankan program kesehatan lingkungan, tim UI juga melakukan kegiatan layanan pemeriksaan gratis di hari pertama serta kerja bakti membersihkan pantai di hari terakhir.

Sementara untuk program pendidikan terdiri dari pembuatan papan bahasa Inggris, edukasi materi bahasa inggris bagi siswa-siswi SMK, dan program pelatihan bank sampah bagi masyarakat.

Semua program ini mempunyai tujuan untuk menyejahterakan warga setempat dan memaksimalkan potensi lokal untuk peningkatan pariwisata setempat.

ENJ merupakan sebuah program penjelajahan bahari nusantara yang diikuti oleh para pemuda Indonesia yang terdiri dari unsur mahasiswa,pramuka, serta siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

Tahun ini ENJ berfokus pada semangat kepemudaan dengan tema besar “Meningkatkan Wawasan Kemaritiman Generasi Muda dan Merajut Pulau-Pulau Terdepan Wilayah Republik Indonesia”.

Penulis : Wanda Ayu