UI Terima Kunjungan dari Mahidol University

Indeks Berita


UI Terima Kunjungan dari Mahidol University

Posted by admin on 2013-03-18 09:47:32

Universitas Indonesia (UI) menerima kunjungan dari Mahidol University, Thailand, pada Kamis (07/03) di Ruang Rapat A, Gd. Pusat Administrasi Universitas (PAU) Lt.2. Universitas terbaik di Thailand ini membawa 14 orang delegasi yang dipimpin langsung oleh Rektor Prof. Rajata Rajatanavin.

Kegiatan kunjungan ini dimulai dengan penyampaian profil UI oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met.. Setelah pengenalan profil singkat tersebut, Rektor Mahidol University menyampaikan tujuannya berkunjung ke UI. Ia mengungkapkan tujuan kunjungan Mahidol University ke Universitas Indonesia adalah untuk merealisasikan secara nyata kerja sama antara kedua belah pihak. UI dan Mahidol University telah bekerja sama dalam pertukaran mahasiswa melalui asosiasi ASEAN University Network (AUN) dan ASEAN International Mobility for Students Program (AIMS).

Pada sesi selanjutnya, Vice President for International Relations Mahidol University Prof. Surakit Nathisuwan mendapat giliran untuk menyampaikan profil kampusnya. Selain sebagai universitas terbaik di negaranya, Mahidol University memilik banyak kesamaan dengan UI. Misalnya, dari segi sejarah berdirinya yang sama-sama bermula dari sekolah kedokteran, dari segi jenis kampusnya yang merupakan kampus riset, sampai kesamaan dalam misi sosial lingkungannya yang sama-sama mengusung jargon green campus.

Setelah penyampaian profil Mahidol University, dilakukan sesi diskusi kerja sama antarfakultas. Beberapa pimpinan fakultas yang hadir di pertemuan ini saling bertukar pikiran dengan pimpinan fakultas di Mahidol University. Setelah pertemuan di Gedung PAU ini, rombongan dari Mahidol University kemudian melakukan kunjungan singkat ke Perpustakaan Pusat UI setelah sebelumnya bertukar cendera mata dan melakukan sesi foto.

Melalui kunjungan ini, diharapkan kerja sama antara UI dan Mahidol University dapat direalisasikan dalam program-program kegiatan yang nyata. Kedua belah pihak sudah saling menawarkan untuk melakukan pertukaran mahasiswa, baik pada tingat sarjana sampai pascasarjana. Selain itu, masing-masing pihal juga membuka kemungkinan untuk saling menjalankan kegiatan visiting professor dan kerja sama riset. (IRH)

~ dilihat : 369 kali ~