UI Raih Tiga Penghargaan di Telkom Smart Campus Award 2013

Indeks Berita


UI Raih Tiga Penghargaan di Telkom Smart Campus Award 2013

Posted by admin on 2013-05-21 14:19:44

PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom) kembali menyelenggarakan Telkom Smart Campus Award (TeSCA) bagi perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang berhasil menerapkan penggunaan Information, Communication, and Technology (ICT) secara maksimal di kampusnya. Acara yang pada tahun ini dilaksanakan pada Senin (01/05) di Grand Ballroom Hotel Dharmawangsa, Jakarta, merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkom Indonesia dan mempunyai tujuan besar agar kualitas pendidikan Indonesia semakin terpacu untuk berkembang dengan penerapan standar ICT yang baik.

TeSCA 2013 membagi beberapa kategori untuk pemenangnya. Universitas Indonesia (UI) mendapat tiga penghargaan sekaligus, yaitu sebagai Universitas Terbaik, Perguruan Tinggi Terbaik di Wilayah Jawa, dan Universitas Terbaik Kategori Nasional. Di kategori Universitas Terbaik, UI menjadi peringkat pertama di atas Universitas Gunadarma, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Airlangga (Unair) secara berurutan. Di kategori Perguruan Tinggi Terbaik di Wilayah Jawa, UI menjadi peringkat pertama mengungguli Universitas Gunadarma di peringkat kedua dan ITB di peringkat ketiga, sedangkan dalam kategori 10 terbaik nasional, UI menjadi peringkat pertama mengungguli sembilan universitas lainnya.

Adapun sepuluh kampus terbaik versi TeSCA untuk kategori nasional yaitu:

  1. UI
  2. Universitas Gunadarma
  3. ITB
  4. Unpad
  5. Unair
  6. STMIK Amikom Yogyakarta
  7. Universitas Bina Nusantara
  8. Universitas Komputer Bandung
  9. UGM
  10. Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta

Di tahun ini TeSCA menilai 551 perguruan tinggi yang terdiri dari 59 perguruan tinggi negeri dan 492 perguruan tinggi swasta, yang meliputi semua jenis perguruan tinggi, yaitu akademi (99), institut (29 ), politeknik (45), sekolah tinggi (201) dan universitas (177) yang menyebar di 26 propinsi. Ada 10 indikator yang digunakan dalam menilai penggunaan ICT di kampus-kampus ini, yaitu tingkat konektivitas dari ICT yang digunakan; kelengkapan materi ICT; standar peranti lunak yang digunakan; kualitas literasi dosen dan visual yang mempergunakan ICT; kebijakan yang mendukung ICT di kampus tersebut; manfaat ICT yang ada untuk masyarakat; partisipasi kampus tersebut dalam pendidikan nasional; ketersediaan sharing resource; fasilitas komputer yang memadai untuk penerapan ICT; penggunaan media IT yang ramah lingkungan; serta nilai penggunaan ICT yang ada untuk kegiatan penelitian yang berguna bagi masyarakat di sekitar kampus tersebut.

Selain sesi makan malam dan sesi pemberian penghargaan bagi para pemenang di atas panggung, acara ini juga diisi oleh kegiatan makan malam dan talkshow bertema “Peranan Strategis ICT dalam Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi Menuju World Class University”. Talkshow ini menghadirkan dua pembicara yaitu, Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc. (Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI) dan Prof. Stephane Bressan (Profesor Departemen Ilmu Komputer The School of Computing of the National University of Singapore) dengan dipandu oleh Bambang Harymurti (Direktur Utama PT. Tempo Inti Media) sebagai moderator.

Prof. Djoko menjelaskan apa saja kebijakan strategis yang telah diambil oleh Pemerintah untuk mendukung upaya penerapan ICT secara maksimal di perguruan-perguruan tinggi di Indonesia, sementara Prof. Bressan membandingkan efek perkembangan teknologi komunikasi terhadap metode pembelajaran di era modern dengan efek fast food terhadap kesehatan kita: sama?sama bersifat instan, cepat, tidak mengenal ruang dan waktu, serta berefek buruk bila dikonsumsi secara berlebihan. Setelah sesi talkshow dan pemberian hadiah bagi masing-masing pemenang diumumkan, acara ditutup dengan sesi foto bersama.

Kepala Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi (PPSI) UI Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc., I.P. menyatakan bahwa pencapaian yang diraih UI untuk kelima kalinya sebagai “The Smartest Campus” di Indonesia dipicu oleh SDM IT UI yang berkomitmen dan berdedikasi untuk memberikan layanan terbaik bagi sivitas akademika yang kian familiar dengan solusi teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, pengajaran, dan pengabdian masyarakat. Di samping itu, kebijakan, strategi, dan upaya untuk menerapkan Green Computing dan peningkatan layanan untuk perangkat bergerak terus dilakukan. Bandwidth, infrastruktur dan aplikasi juga senantiasa terus ditingkatkan dan dipelihara.

Dalam acara yang telah berlangsung dari 2008 ini, PT. Tempo Inti Media, Tbk. (Tempo Media Group) bertindak sebagai penyelenggara program dan media partner. Acara ini juga didukung beberapa lembaga lain, yaitu Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dikti Kemdikbud), Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom), serta Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Detiknas). Acara ini juga turut dihadiri oleh para pemimpin atau wakil dari 44 perguruan tinggi yang termasuk dalam peringkat TeSCA 2013 dari berbagai kategori. (WND)