UI Raih 1 Emas 2 Perunggu di Ajang Pimnas 2016

pimnas

UI kembali menorehkan prestasi. Kali ini di ajang Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) yang berlangsung di Institut Pertanian Bogor (IPB), Dermaga pada 8—11 Agustus 2016.

Dalam ajang tersebut UI meraih 1 emas, 2 perunggu dan mendapat posisi 6 besar bersanding dengan universitas-universitas negeri dan swasta unggulan di Indonesia.

UI mendapatkan penghargaan emas dalam kategori Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian kepada Masyarakat (M) dengan judul proposal  “UKS Cerdas Untuk Memantau Status Gizi Anak Sekolah Dasar”.

Tim anggota PKM-M ini terdiri dari Alfu Nikmatul Laily (FKM, Gizi 2012), Patnela (FKM, Gizi 2012), Aprilya Setyawati (FKM, Ilmu Kesehatan Masyarakat 2014), dan Evrillia Reza Harytio (FKM, Gizi 2011).

Perunggu didapatkan UI dari dua kategori, yaitu PKM Penelitian Eksakta (PE) dengan judul “Meningkatkan Efisiensi Penggunaan Metanol Dalam Pembuatan Biodiesel Melalui Jet Column Dengan Tabbed Nozzle Dan Circular Nozzle”.

Lebih lanjut, UI juga mendapatkan perunggu dari kategori PKM Karsa Cipta (KC) dengan judul “Rancang Bangun RTTS (Real Time Telemonitoring System) bagi Pasien Rawat Jalan sebagai Upaya Pengurangan Tingkat Kematian Akibat Keterlambatan Penanganan Medis”.

Tim PKM PE terdiri dari Uswatun Nur Khazanah (FT, Teknik KImia 2012), Adinda Diandri (FT, Teknik Kimia 2014), dan Jervis Sinto (FT, Teknik KImia 2014).

Sementara, Tim PKM KC yaitu Rafi Kurnia Putra (FT, Teknik Komputer 2012), Claudia Khansa, Atikah Hidayat (FT, Teknik Elektro 2012), Dimas Hendrawan (FT, Teknik Mesin 2013), dan Yudi Reza Phallaphi (FK, Pendidikan Dokter 2014).

Pimnas tahun ini diikuti oleh 145 peserta yang terdiri dari 145 universitas di seluruh Indonesia, baik negeri maupun swasta.

Dengan tema “Semangat Kebersamaan dan Persatuan, Mahasiswa Indonesia Menciptakan Karya Kreatif dan Inovatif untuk Kejayaan Bangsa”  kegiatan Pimnas tahun ini terdiri dari presentasi dan poster, Pimnas Investment Summit, Social Gathering, Saksi Peduli Lingkungan, olah raga bersama, bazar, dan city tour.

Penulis : Wanda Ayu


~ dilihat : 38 kali ~