UI Luncurkan Tim Mobil Irit Masa Depan: UI Supermileage Vehicle Team

Indeks Berita


UI Luncurkan Tim Mobil Irit Masa Depan: UI Supermileage Vehicle Team

Posted by humas-ui on 2013-12-05 09:03:36

UI pada Rabu (04/12) meluncurkan sebuah tim mobil dengan nama tim UI Supermileage Vehicle Team (UI-SMV) di ruang Chevron FT UI Kampus UI Depok. Sebelumnya tim ini telah mendapatkan penghargaan di ajang Indonesia Energy Marathon Challenge 2013 (IEMC) pada kategori prototype bensin dengan Mobil Keris RV-nya yang mencetak rekor Indonesia dengan pencapaian satu liter bensin untuk jarak 1.027 km. Berbeda dengan tim mobil yang umum dibentuk, tim mobil ini dibentuk untuk menghasilkan mobil yang dapat irit dalam penggunaan bensin, berdesain aero dinamis, ringan sekaligus kuat. Tim ini pada Februari 2014 akan dikirim oleh UI untuk mengikuti perlombaan Shell Echo Marathon (SEM) tingkat Asia di Filipina. SEM sendiri merupakan perlombaan internasional dibidang otomotif yang diselenggarakan untuk memberikan tantangan bagi seluruh mahasiswa di Asia dan dunia dalam menjawab masalah krisis energi global.

Dalam acara peluncuran ini juga dipamerkan kemampuan mobil-mobil yang telah dibuat sendiri oleh tim UI-SMV melalui kegiatan test drive dua mobil mereka, yaitu Keris RV dan Kalabia evo-4. Keris RV sendiri adalah kategori mobil prototype bensin yang rangka mobilnya terbuat dari alumunium dan menggunakan Internal Combustion Engine serta 110 cc karburator. Mobil ini mungil dan kecil dengan desain yang futuristik dan unik. “Namun tetap ringan. Berat mobil Keris RV ini sendiri hanya berkisar sekitar 45 kg. Mobil ini kami turunkan di ajang nasional seperti IEMC kemarin, sedangkan untuk SEM Asia nanti, kami akan menurunkan Kalabia evo-4,” tutur ketua tim UI-SMV Muhammad Fikri.

Mobil kedua yang diperkenalkan pada ajang ini adalah mobil kategori prototype urban bernama Kalabia evo-4. Kalabia evo-4 memiliki best attempt result pada angka 250 km per liter dan bobot 90 kg. Kalabia evo-4 dilengkapi dengan sistem sekuensial injeksi dan hi-impendance injector yang memungkinkan penyemprotan bahan bakar menjadi lebih presisi, baik dari segi waktu maupun jumlah sehingga menghasilkan penghematan energi yang lebih besar. “Sebenarnya untuk kedua mobil ini, baik Kalabia evo-4 maupun Keris RV mempunyai tujuan pembuatan yang sama, yaitu menempuh jarak terjauh dengan seminimal mungkin bahan bakar. Yang membedakan adalah kategori prototype bensin yang diwakili oleh Keris RV lebih menekankan kepada desain yang futuristik, sedangkan kategori prototype urban menekankan kepada desain kendaraan konvensional yang sesuai dengan kebutuhan pengemudi,” jelas Muhammad.

Acara peluncuran ini dibuka oleh Pejabat Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met dan Dekan FT UI Prof. Dr. Ir Bambang Sugiarto, M.Eng. Prof Bambang sendiri dalam sambutannya banyak menceritakan kesulitan dan suka duka perjalanan tim UI-SMV dalam membuat mobil-mobil irit bensin ini . Yang istimewa, dalam acara ini Nur Mahmudi Ismail sebagai walikota Depok juga turut hadir dan memberikan sambutan serta apresiasi atas usaha UI dalam memajukan teknologi nasional. (WND)

~ dilihat : 281 kali ~