UI Kukuhkan 3 Guru Besar Baru Fakultas Teknik

Indeks Berita


UI Kukuhkan 3 Guru Besar Baru Fakultas Teknik

Posted by admin on 2013-02-20 15:40:38

Pada Rabu (13/2), Universitas Indonesia (UI) kembali mengukuhkan 3 guru besar dari Fakultas Teknik (FT). Ketiga orang tersebut adalah Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, D.E.A., Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng., serta Prof. Dr. Ir. Djoko Mulyo Hartono, S.E., M.Eng. Pada kesempatan pertama, Prof. Dedi yang menjadi guru besar bidang teknik metalurgi mekanik menyampaikan pidato pengukuhannya yang berjudul “Peranan Teknologi Pembentukan Logam dan Pemanfaatan Material Baja dalam Manufuktur Logam Indonesia”.

Pada pidatonya tersebut, Profesor kelahiran 17 Oktober 1959 ini menguraikan pentingnya penelitian dan pengembangan dalam industri pembentukan logam (metal forming). Industri dan institusi penelitian seperti universitas harus saling bersinergi dalam proses produksi secara komprehensif.

Pidato pengukuhan selanjutnya disampaikan Prof.Harinaldi yang menjadi guru besar bidang ilmu rekayasa termofluida. Kepala Departemen Teknik Mesin FT UI ini menyampaikan pidato yang berjudul “Teknik Kontrol Aliran Pada Rekayasa Termofluida dalam Menghadapi Tantangan Global Penghematan Energi”. Ia menjelaskan bahwa rekayasa termofluida yang tepat akan mampu menghasilkan efisiensi yang sangat signifikan. Ia memberi contoh pada pengurangan drag (gaya tarik ke belakang) aerodinamika sebesar 10% pada pesawat dan kendaraan yang mampu menghemat 1-2 Miliar Dollar AS per tahun, hanya di AS saja.

Pada pidato pengukuhan yang terakhir disampaikan Prof. Djoko Mulyo Hartono yang menjadi guru besar teknik lingkungan dengan judul “Perlindungan Air Permukaan Sebagai Air Baku Air Minum dan Tantangannya dalam Menghadapi Perubahan Iklim”. Ia membahas pentingnya perlindungan terhadap air permukaan, seperti sungai atau danau, dalam rangka mempertahankannya sebagai air baku untuk air minum. Dengan adanya pencemaran, pengolahan air permukaan menjadi air minum mengalami pembengkakan biaya produksi yang tidak sedikit. Perlu ada kerja sama antar instansi dan juga masyarakat agar air minum tetap bisa menjadi komoditas yang terjangkau.

Sidang pengukuhan yang bertempat di Balai Sidang Universitas Indonesia ini dipimpin oleh Ketua Dewan Guru Besar UI Prof.Dr.dr. Biran Affandi, Sp.OG (K). Prof. Dedi, Prof. Harinaldi, dan Prof. Djoko Mulyo Hartono merupakan guru besar ke 5, 6, dan 7 yang dikukuhkan oleh UI pada tahun 2013 ini. Mereka melengkapi jumlah guru besar UI yang saat ini berjumlah 250 orang. (IRH)