UI Jadi Tuan Rumah Pembukaan Peksimida DKI Jakarta 2016

peksimida

Kamis (18/8/2016) Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) DKI Jakarta bekerja sama dengan UI menggelar kegiatan pembukaan acara Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) DKI Jakarta di Balairung, Kampus UI Depok.

Acara ini diresmikan dan dibuka oleh Direktur Kemahasiswaan Dr. Arman Nefi, S.H., M.M., sekaligus Ketua Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) DKI Jakarta dan Drs. A. G. Sudibyo, M.Si selaku Kasubdit Pengembangan dan Pemberdayaan Seni Budaya Direktorat Kemahasiswaan UI.

Peksimida merupakan sebuah acara perlombaan seni dan kultur yang mempunyai tujuan agar mahasiswa mempunyai pemahaman nilai kultural dan kemajemukan bangsa melalui cabang-cabang seni yang  dilombakan dalam acara ini.

Terdapat 23 universitas swasta dan negeri yang terlibat aktif dalam acara Peksimida 2016 ini, di antaranya  Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Jakarta, Universitas  Tarumanegara, Universitas Prasetia Mulya, dan Institut Kesenian Jakarta.

Ada 15 cabang lomba yang dapat peserta ikuti, yaitu tari, baca puisi, monolog, vocal group, solo pop putra & putri,  solo dangdut putra & putri, solo keroncong putra & putri, solo seriosa putra & putri, penulisan puisi, penulisan cerpen, penulisan lakon, lukis, desain poster, komik strip, fotografi hitam putih & warna.

UI mendapat kehormatan bertindak sebagai panitia pusat dan sebagai penyelenggara cabang lomba vocal grup dan tari. Masing-masing cabang lomba ini akan digelar di Balairung UI Depok dari tanggal 18—19 Agustus 2016.

Acara Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) DKI Jakarta akan digelar pada tanggal 18—21 Agustus 2016 di berbagai universitas yang bertindak sebagai panitia. Pengumuman pemenang dari tiap cabang lomba akan diumumkan pada Minggu, 21 Agustus di Universitas Tarumanegara.

Pemenang di tingkat ini nantinya akan melaju mewakili DKI Jakarta ke kompetisi tingkat nasional.

Penulis : Wanda Ayu


~ dilihat : 29 kali ~