UI Gelar Pameran Pendidikan Internasional Berwawasan Global

UI Insight 2015Kantor Internasional UI untuk pertama kalinya menggelar pameran pendidikan dan penelitian bertajuk “UI Insight and Global Opportunities Fair 2015: Your Gateway to Connect to the World”. Acara ini berlangsung selama dua hari pada 9—10 September 2015 di Balairung UI kampus Depok.

Pameran pendidikan ini menghadirkan 24 eksibitor mancanegara yang terdiri atas 18 universitas luar negeri dan lima institusi mitra UI. Para eksibitor yang hadir tersebut di antaranya perwakilan dari University of Twente, Australian National University, Osaka University, University of Queensland, dan Groningen University.

Selain memperkenalkan program-program mancanegara, dalam acara ini, UI juga memperkenalkan program-program unggulan internal UI dengan menghadirkan perwakilan seluruh fakultas di UI sebagai peserta pameran. Pengunjung dapat memperoleh informasi terkait ragam program akademik, hasil riset, dan inovasi dari tiap-tiap fakultas.

Dalam acara welcoming dinner turut hadir Assoc. Prof. Nantana Gajaseni, Ph.D. (Sekretaris Jenderal ASEAN University Network). Ia memaparkan pentingnya membangun konsorsium pendidikan di negara ASEAN agar standar kompetensi universitas di ASEAN dapat meningkat dan dapat bersaing di tingkat global.

Dr. Stefan Hell, Team Leader European Union Support to Higher Education in The Asean Region (SHARE) juga hadir memberikan sambutan dalam acara welcoming dinner. Ia memaparkan program-program yang telah dilaksanakan Uni Eropa selama ini dalam membantu program-program ASEAN. Ia juga menyatakan apresiasinya atas terselenggaranya acara ini. Menurutnya, acara ini tidak hanya akan membantu terbangunnya jaringan antar-perguruan tinggi di ASEAN, tetapi juga memperluas koneksi tersebut ke Eropa dan dunia.

Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi sivitas akademika UI untuk mendapatkan informasi terkait beasiswa, kesempatan studi, peluang pertukaran pelajar, hibah penelitian, dan peluang kerja sama lainnya dalam rangka mengembangkan pendidikan dan penelitian ke lingkup internasional. Lebih lanjut, acara ini juga diharapkan mampu merealisasikan visi UI sebagai universitas kelas dunia dengan menjalin jaringan internasional.

Penulis: Wanda Ayu


~ dilihat : 191 kali ~