UI Career & Scholarship Expo XV

Indeks Berita


UI Career & Scholarship Expo XV

Posted by admin on 2013-03-11 10:40:27

Dalam rangka memfasilitasi para lulusan yang akan memasuki dunia kerja ataupun yang akan melanjutkan pendidikan, Career Development CenterUniversitas Indonesia (CDC UI) menyelenggarakan acara UI Career & Scholarship Expo XV pada 21-23 Februari 2013 di Balairung UI, kampus Depok. Acara dibuka olehWakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met.. Perwakilan dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi juga turut hadir dalam pembukaan acara. Target pengunjung acara ini adalah lulusan UI, anggota CDC UI, mahasiswa tingkat akhir, serta masyarakat umum dari luar UI yang berminat mencari pekerjaan dan beasiswa.

Kegiatan ini mengundang perusahaan/instansi yang sedang mencari tenaga kerja untuk berpartisipasi sebagai peserta maupun sponsor untuk melakukan pameran, presentasi perusahaan, rekrutmen dan wawancara. Selain itu, diundang pula lembaga/universitas pemberi dana beasiswa. Daftar-daftar perusahaan yang mengikuti acara ini antara lain Pertamina (Persero), PT XL Axiata, Jobstreet, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), PT Nestle Indonesia, Samsung Electronics MSCI, TV One, dan PT Astra International. Beberapa dari perusahaan partisipan tersebut juga melakukan presentasi dalam acara ini.

Selain perusahaan, juga terdapat lembaga pemberi beasiswa yang turut berpartisipasi di acara ini, antara lain Prasetiya Mulya Business School, Deutscher Akademischer Austausch Dienst (DAAD), Institut Francais d’Indonesie-Campus France, Indonesia International Education Foundation (IIEF), IDP Education Australia, New Zealand Scholarship, Nuffic NESO (Netherlands Education Support Office), American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF), serta Erasmus Mundus Uni Eropa. Di setiap stan beasiswa yang ada, para peserta dapat menanyakan tentang persyaratan dan program yang ditawarkan oleh masing-masing beasiswa, juga mendaftar beasiswa tersebut bila sudah membawa persyaratan yang dibutuhkan.

Selain pameran pendidikan dan beasiswa, acara ini juga diisi presentasi dari lembaga beasiswa dan peserta perusahaan, hiburan, kuis, serta doorprize. Di hari terakhir, terdapat seminar mengenai karir yang mengundang pembicara untuk memotivasi para peserta yang sedang mencari kerja untuk lebih bersemangat. Selain motivasi, juga ada tip dan trik dalam mendaftar berbagai lamaran pekerjaan serta menjalani wawancara kerja. (WND)

~ dilihat : 323 kali ~