UGM Dorong Perpustakaan Menjadi Muara Keilmuan

UGM Dorong Perpustakaan Menjadi Muara Keilmuan

2013-03-01 13:36:40

UGM Dorong Perpustakaan Menjadi Muara Keilmuan UGM terus mendorong perpustakaan yang tersebar di lingkungan UGM untuk bisa menjalankan peran tridharma dalam pendidikan, penelitian, publikasi serta pengabdian masyarakat dengan optimal. Bahkan, perpustakaan sebagai pelestari ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat.

“ Tak hanya menjalankan peran tridharma saja, tapi jadikanlah perpustakaan sebagai muara keilmuan,” tegas Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Prof. Dr. Suratman, M.Sc., di Perpustakaan UGM saat memberikan sambutan peringatan Dies Natalis Perpustakaan UGM ke-62, Jumat (1/3).

Menurutnya, perpustakaan harus bisa memberikan dan memunculkan inspirasi bagi setiap pengguannya. Selain itu juga dapat menanamkan akar keilmuan ke masyarakat. Sementara untuk menghadapi tantangan yang semakin berat di tengah perkembangan arus teknologi dan komunikasi yang beitu cepat, Ratman berharap perpustakaan UGM mampu mengemas dengan peran teknologi, entrepreneur, manajerial modern dengan membuka jendela dunia.

“Jantung dari perguruan tinggi itu adalah perpustakaan dan laboratorium sebagai sumber ilmu. Oleh sebab itu perpustakaan harus bisa menjalankan perannya dengan baik yang dikemas dengan teknologi, kewirausahaan,s serta manajerial modern,” paparnya.

Sebelumnya, Kepala Perpustakaan UGM, Dra. Nawang Purwanti, M.Lib., dalam pidatonya menyebutkan bahwa perpustakaan UGM terus berupaya memperkokoh reputasi UGM . Hal tersebut dilakukan dengan memperkuat fungsi perpustakaan untuk terus meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia, layanan perpustakaan,koleksi bahan pustaka, dan ketersediaan teknologi informasi.

“ Sebagai pusat informasi dan pembelajaran, perpustakaan UGM senantiasa berusaha bergerak dinamis dan tanggap terhadap perubahan kebutuhan informasi seluruh civitas akademika yang semakin akrab dengan perkembangan teknologi,” urainya.

Nawang menuturkan bahwa perbaikan dan pembangunan gedung baru serta penyediaan dan penambahan koleksi pustaka mampu memberikan efek positif yaitu mendorong peningkatan jumlah kunjungan ke perpustakaan. Ketersediaan sarana dan teknologi informasi pengguna jasa layanan perpustakaan diharap menjadikan pengunjung perpustakaan bisa memperoleh informasi yang jauh lebih ideal.

“ Kedepan, sumber informasi koleksi cetak akan kita kurangi dan digantikan dengan format digital yang bisa diporeasikan lebih cepat, dengan jumlah informasi yang sangat besar, serta nyaman dan mudah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan,” jelasnya.(Humas UGM/Ika)

  • Kunjungan Guruh Soekarno Putra ke Perpustakaan UGM
  • Ali Minanto Pustakawan Terbaik UGM 2013
  • American Corner Perpustakaan UGM Raih Penghargaan Best Programming and Best Reporting
  • Dua Pustakawan Utama UGM Setara Guru Besar
  • Perpustakaan PT Masih Kurang Perhatikan Visibilitas Virtual
  • Pengembangan Keilmuan Bidang Ilmu Teknologi Pertanian di Indonesia Perlu Dikaji Ulang
  • Perpustakaan UGM Pengguna e-Journal Tertinggi di Indonesia

~ dilihat : 407 kali ~