Tim UPI Peringkat 6 dari 17 Negara di Ajang Shell-Eco Marathon di Filipina

Bandung, UPI1

Tim Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kompetitif Universitas Pendidikan Indonesia meraih peringkat ke-6 dari 17 negara yang mengikuti ajang Shell-Eco Marathon ( SEM ) Asia 2015. Tidak tanggung-tanggung negara yang menjadi lawan Tim Bumi Siliwangi UPI yaitu Jepang, Thailand, Vietnam, Arab Saudi, Malaysia dan negara asia lainnya.

Shell Eco-marathon Asia adalah kompetisi tahunan yang diselenggarakan Shell Asia untuk merancang dan membuat kendaraan khusus yang berkarakterk hemat energi. Kompetisi yang diikuti 129 tim dari 17 negara Asia ini berlangsung di Luneta Park, Manila, Filipina 25 Februari-1 Maret 2015. Indonesia termasuk salah satu negara yang ikut berpartisipasi dalam even tingkat international ini, terdata 23 tim dari perguruan tinggi di Indonesia termasuk Universitas Pendidikan Indonesia turut serta mengirimkan kendaraan hemat energi ke Filipina.2

Berbicara prestasi dan pengalaman dalam bidang pembuatan kendaraan hemat energi UPI sudah dua kali mengikuti lomba Shell Eco Asia yang mampu meraih posisi 8 di tahun 2012 dan posisi 6 di tahun 2015. Untuk even skala nasional yaitu Indonesia Energi Marathon Challenge (IEMC) tim Bumi Siliwangi pernah menyabet sebagai the best team dan runner up tahun 2013 dan peringkat 3 Prototype Ethanol tahun 2014.

Prestasi yang sudah banyak ditorehkan tim Bumi Siliwangi ini tidak lepas dari dukungan penuh semua pihak khususnya Universitas Pendidikan Indoneisa, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Alummni Teknik Mesin dan Eiger. Bukti dukungan penuh dari UPI adalah dengan terlihatnya Pembantu Dekan 1 Dr. Iwa Kuntadi, M.Pd. dan Direktur Kemahasiswaan UPI Dr. H. Syahidin.,M.Pd. di tengah kegiatan Shell Eco-Marathon 2015.3

“Saya bangga UPI bisa menjadi salah satu peserta Asia dan bisa bersaing dengan perguruan tinggi dari berbagai belahan dunia. Ini adalah kemajuan yang sangat luar biasa karena di tahun 2012 kita dapat posisi 8 dan tahun ini mendapat posisi 6. Semoga tahun selanjutnya kita meraih podium,” ujar dosen pembimbing tim Bumi Siliwangi 1, Sriyono.

Tim bumi siliwangi 1 UPI tidak hanya berkompetisi dalam mobil hemat energi tetapi juga membawa misi memperkenalkan Indonesia. Terbukti pada saat acara selebration atau acara penutupan SEM 2015 para anggota tim memakai pangsi dan iket sunda untuk memperlihatkan betapa kayanya budaya Indonesia khususnya daerah tatar Sunda. (Indra Kustiawan)

4

~ dilihat : 239 kali ~