Tim Seni UPI Purwakarta Raih The Best Performance

1

Purwakarta, UPI

Seni memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Setiap manusia pada dasarnya memiliki potensi seni, meski tidak semua potensi dapat dikembangkan secara maksimal. Pekan seni budaya Jawa Barat, merupakan wahana eksplorasi budaya lokal dari masing-masing di daerah Provinsi Jawa Barat. Seni budaya harus terus ditumbuhkembangkan agar manusia Indonesia tidak kehilangan jati dirinya, baik sebagai makhluk personal maupun makhluk sosial. Memelihara dan merevitalisasi seni budaya tradisional saat ini dirasakan sangat penting dan mendesak, agar Bangsa Indonesia menyadari kekayaan seni yang dimilikinya. Kadang kita terlalu banyak menghabiskan energy ketika ada salah satu kekayaan seni  ditiru bangsa lain, sementara bangsa kita tidak pernah memeliharanya.

Pada tanggal 7 September 2013, tim seni UPI Purwakarta tampil dalam acara Pekan Seni Budaya Jawa Barat. Pekan seni budaya  dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-68 Provinsi Jawa Barat. Kegiatan dipusatkan di Monumen Perjuangan Jawa Barat. UPI Purwakarta menampilkan seni “Genye”. Seni Genye, merupakan seni tradisional asal Purwakarta. Genye, dikemas dalam perpaduan antara seni musik dan tari.  Para penari menggunakan  alat utama sederhana, yaitu Sapu Lidi. Pesan moral yang disampaikan dalam Seni Genye adalah pentingnya nilai kebersihann dalam kehidupan manusia. Keberhasihan yang dimaksudkan sangat normative, karena tidak hanya kebersihan lahir akan tetapi juga kebersihan bathin. Semua penari, dan  juru kawih merupakan mahasiswa Prodi PGSD UPI Kampus Purwakarta.

Selain UPI Kampus Purwakarta, Pekan seni budaya  ini diikuti pula oleh perwakilan dari   kabupaten/kota se Jawa Barat.   Seni Genye UPI Purwakarta, hadir dan berpartisipasi dalam rangka mewakili Kabupaten Purwakarta. Berdasarkan penilaian para juri, ternyata pasukan seni UPI Purwakarta memperoleh penghargaan dari pemerintah daerah provinsi Jawa Barat sebagai the best performance dan berhak memperoleh uang pembinaan. Keberangkatan dan partisipasi Seni Genye UPI dalan acara Pekan Seni Budaya Jawa Barat memperoleh dukungan penuh dari Pemda Kabupaten Purwakarta. Pekan seni Jawa Barat dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedi Mizwar. Dalam amanatnya, Wakil Gubernur mengatakan bahwa seni budaya tradisional diharapkan tidak lekang dimakan kemajuan zaman, melainkan harus dapat merespon perkembangan zaman. (WAS)

~ dilihat : 376 kali ~