Tim KKN POSDAYA UPI Kembangkan Susu Biji Nangka

biji nangka

Sumedang, UPI

Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) POSDAYA UPI yang bertugas di Desa Licin, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang sedang mengembangkan Susu Biji Nangka sebagai produk kreatif berasis kearifan lokal. Gagasan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya jumlah pohon nangka di Desa Licin.

Pada umumnya masyarakat hanya memanfaatkan daging buah nangka yang sudah matang saja untuk dikonsumsi dan nangka muda untuk digunakan sebagai sayuran. Khusus untuk biji nangka sangat kurang dimanfaatkan oleh masyarakat, bahkan hanya dibuang begitu saja. Oleh karena itu, tim KKN mencoba berinovasi guna mengubah biji nangka menjadi produk lokal Desa Licin yang berpotensi global.

Gagasan ini sangat didukung oleh aparatur desa. Di samping itu sambutan baik datang dari POSYANTEK Kecamatan Cimalaka yang sekaligus Ketua Dusun Cipanteneun, Bapak Amad. “Gagasan ini sangat bagus dan saya pun sangat setuju untuk pengembangan Desa Licin khususnya dibidang ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal, ke depan tinggal bagaimana kami menggalakkan penanaman pohon nangka sebagai upaya penyediaan bahan baku” tutur Bapak Amad.

Terhitung sejak tanggal 30 Desember 2013 kemarin, Tim KKN POSDAYA Desa Licin sudah berkolaborasi dengan pihak desa untuk mengembangkan berberapa produk lokal yang bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomis, seperti Bio Ethanol dari sampah organik, Pupuk Kompos Cair dari rerumputan, dan Obat Herbal dari Daun Kelor. Dengan adanya kolaborasi apik ini diharapkan dapat mewujudkan Desa Licin yang mandiri dan berdaya saing. Semoga! (Agus Ramelan, Koordinator LH KKN POSDAYA UPI Desa Licin)

~ dilihat : 305 kali ~