Tiga Prodi di UPI, Divisitasi Oleh Tim AUN QA

aun-4

Bandung, UPI

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Furqon, M.A., Ph.D menerima tim akreditasi dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA), Selasa, 27 Spetember 2016 di Auditorium JICA FPMIPA UPI, Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Kedatangan tim AUN QA dalam rangka melakukan visitasi akreditasi terhadap tiga program studi di Universitas Pendidikan Indonesia, Ketiga program studi tersebut, yaitu Program studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Biologi (FPMIPA) dan Program Studi Magister Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana.

Selain melakukan pertemuan dengan para pimpinan UPI, dosen dan mahasiswa, tim AUN juga meninjau sejumlah fasilitas penunjang yang dimiliki oleh UPI, seperti kunjungan ke Direktorat Teknologi, Informasi dan Komunikasi (Dir. TIK); Perpustakaan, Museum Pendidikan Nasional UPI dan sejumlah fasilitas lainnya.

ASEAN University Network berdiri pada tahun 1995. Badan ini didirikan untuk memperkuat jaringan perguruan tinggi terkemuka di negara-negara anggotanya untuk meningkatkan solidaritas dan mengembangkan identitas regional melalui pengembangan sumber daya manusia. Saat ini, AUN telah beranggotakan 30 universitas di seluruh ASEAN.

aun-5

AUN Quality Assurance (AUN QA) adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh AUN yang bertujuan untuk melakukan penjaminan mutu program studi yang menjadi anggota AUN. Dengan demikian program penjaminan mutu ini bersifat regional ASEAN.  AUN menterjemahkan QA sebagai pemantauan kualitas secara sistematis, terstruktur, dan berkesinambungan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas. QA menjadi poin penting dalam pendidikan tinggi terutama di ASEAN untuk meningkatkan posisi tawar universitas dalam menjawab tantangan jaman.

AUN QA Assesmen dilakukan pertama kali di University of Malaya pada tahun 2007. Sampai tahun 2011 telah terdapat 32 program studi dari 7 Universitas anggota Asean University Network telah menjalani AUN QA Assesment. AUN QA merupakan sebuah assessment dan bukan akreditasi. Akreditasi sendiri merupakan bagian dari QA. Penilaian dilakukan secara mandiri (self assessment) dengan melakukan penulisan SAR (Self-Assesment Report). Penulisan SAR ini merupakan proses penjaminan mutu internal sebuah program studi atau institusi yang selanjutnya diikuti dengan konfirmasi kelengkapan dokumen dan menentukan Action For Improvement terhadap hasil SAR. Setelah itu akan dilakukan visitasi oleh tim Reviewer dari anggota AUN yang berasal dari Negara ASEAN lainnya untuk memberikan masukan terhadap self assessment yang telah dilakukan dan diperoleh rekomendasi untuk perbaikan di masa datang.

Penilaian akreditasi AUN-QA meliputi  Expected Learning Outcome, Program Specification, Program Structure and Content, Teaching and Learning Strategy, Student Assesment, Academic Staff Quality, Support Staff Quality, Student Quality, Student Advice and Support, Facilities and Infrastructure, Quality Assurance of Teaching and Learning Process, Staff Development Activities, Stakeholders Feedback, Output, dan Stakeholders Satisfaction. (Deny)

aun-3

~ dilihat : 16 kali ~