Tiga Mahasiswa Manajemen Pemasaran Pariwisata Ikuti Asean International Mobility for Students

1

Bandung, UPI

Tiga orang mahasiswa dari Program Studi Manajemen Pemasaran Pariwisata, berangkat ke Prince of Songkla University (PSU), Thailand, 29 Mei 2013. Mereka adalah Ricky Peratama, Dita Indah Pratiwi, dan Lysa M.P. Intan yang mengikuti program ASEAN International Mobility for Students (AIMS). Sementara itu, bersama dengan ketiga mahasiswa UPI tersebut, terdapat pula tiga mahasiswa dari PSU yang kembali ke tanah airnya setelah mengikuti perkuliahan di Prodi Manajemen Pemasaran Pariwisata (MPP) selama semester genap, periode 2012/2013. Ketiga orang mahasiswa tersebut adalah: Thanyatip Sataphan, Chalinee Chucuay, dan Niwet Usaha. Mereka mengambil beberapa mata kuliah di Prodi MPP, yaitu: Event Management, Tourism Destination Marketing, Indonesian Language (for Foreign Students), Mandarin for Tourism, dan Advanced English for Tourism.  Perkuliahan dilakukan di kelas reguler bersama mahasiswa Indonesia dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai Bahasa pengantarnya. Kegiatan ini sungguh memberikan suasana akademik yang bernuansa internasional bagi mahasiswa. Ketiga sahabat dari PSU sangat terkesan dengan suasana akrab dan hangat yang diberikan oleh dosen dan mahasiswa selama perkuliahan. Interaksi dan berbagi pengalaman serta pengetahuan kepariwisataan di masing-masing negara juga semakin erat terjalin.

Tahun 2013 ini merupakan kali keempat implementasi program AIMS yang sebelumnya dikenal dengan nama Student Mobility and Credit Transfer Program Malaysia, Indonesia, Thailand (MIT).  Sampai dengan saat ini Prodi telah menerima 13 mahasiswa inbound asal Thailand dan Malaysia. Adapun mahasiswa outbound yang berasal dari Prodi MPP berjumlah sekitar 23 orang yang mengikuti pertukaran pelajar ke PSU, UiTM dan UPM (Malaysia). Pada Bulan September 2013 nanti, akan diberangkatkan 4 orang lagi mahasiswa ke UiTM dan UPM.

Program ini dirintis sejak tahun 2009, dan implementasinya dilaksanakan mulai tahun 2010. Bidang studi yang diselenggarakan dalam program AIMS ini meliputi: Pertanian, Bahasa dan Budaya, Pariwisata (Hospitality and Tourism), Bisnis Internasional, dan Teknologi Pangan. Universitas yang berpartisipasi dalam kegiata ini antara lain adalah UPI, UGM, IPB, Universitas Islam Ahmad Dahlan, UKM Maranatha, ISI Denpasar, Bina Nusantara, ITB, UI, dan lain sebagainya. Adapun partner University dari Malaysia dan Thailand seperti PSU, Mahidol University, UiTM, UPM, USM, dan lain sebagainya. Selain ketiga negara akan masuk pula dalam program kegiatan ini universitas-universitas dari Brunei Darusallam, Vietnam, dan Filipina.

Program ini merupakan wujud nyata implementasi dari kemudahan mobilitas antar negara menuju terbentuknya Komunitas ASEAN 2013, terutama dalam kontribusinya memberikan rekognisi bersama pada sistem pendidikannya. Walaupun masing-masing universitas memiliki kurikulum yang berbeda, namun sistem pembelajaran dan pendidikan dapat diharmonsasikan untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu menciptakan SDM ASEAN yang unggul dan berdaya saing tinggi. Selamat bagi UPI atas partisipasinya dan konsistensinya dalam menyukseskan penyelenggaraan program ini. (Rien)

~ dilihat : 268 kali ~