SPOT, Sistem Perkuliahan Online di UPI

Bandung, UPI

NETNET

Dosen dan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia mulai 21 Maret 2014 menggunakan Sistem Pembelajaran Online Terpadu (SPOT), sebuah system pembelajaran yang semakin canggih. Meski demikian, mahasiswa mengeluhkan sejumlah kelemahan, salah satunya kurang maksimal penggunaanya di mata mahasiswa.

SPOT merupakan sistem pembelajaran yang berbasis online yang diluncurkan UPI tahun 2014. “SPOT itu sistem perkuliahan online terpadu yang tidak secara langsung tatap muka melainkan melalui internet atau online,” ujar Anggun Novitasari, mahasiswa Ilmu Komunikasi.

SPOT ini merupakan suatu terobosan UPI untuk memajukan kinerja mahasiswa dalam bidang akademik. Sejak peluncurannya pada tahun ini banyak pertanyaan dan pendapat tentang kinerja SPOT itu sendiri seperti gagalnya dalam mengirim file dll.

“Ini bagus karena SPOT bisa menghemat waktu dan kita bisa melek akan teknologi, tetapi saya mengeluhkan karena sistemnya yang sering error ketika kita masukin tugas,” kata Anggun sedikit kesal mengenai kinerja SPOT.

Selain mengenai kinerja SPOT yang kurang maksimal mahasiswa pun mengeluhkan deadline tugas yang tidak bisa diganggu gugat. “Telat semenit pun tugas tidak bisa masuk, bisa saja kita sedang di luar atau koneksi sedang tidak bagus atau SPOT sendiri yang kinerjanya belum maksimal itu kan bukan sepenuhnya salah kita jadi kalau sudah kaya gini siapa yang harus di slahkan?” ujar Anggun.

Mahasiswa UPI berharap, SPOT membenahi sistem yang masih memiliki kekurangan akan kinerja. “Harapanya SPOT ini agar lebih benar-benar dibenahi dan ada toleran tentang pengumpulan tugas karena itu bukan sepenuhnya salah kita,” ungkapan Anggun. (Gifary Nur Arizka, Mahasiswa Ilmu Komunikasi FPIPS UPI)

~ dilihat : 346 kali ~