Sosialiasi LCS Bagi Pedagang Kantin-Kantin di UI

Indeks Berita


Sosialiasi LCS Bagi Pedagang Kantin-Kantin di UI

Posted by humas-ui on 2013-09-06 17:55:17

UI kembali menggelar acara seminar sosialisasi program Less Cash Society (LCS) pada Kamis (05/09) di Balai Sidang Kampus UI Depok. Setelah sebelumnya melakukan sosialisasi kepada mahasiswa baru UI angkatan 2013, kali ini sosialisasi dilakukan terhadap perwakilan pedagang-pedagang di kantin UI serta pihak-pihak terkait, seperti pihak ventura di masing-masing fakultas. Sosialiasi ini dilakukan dalam rangka persiapan uji coba LCS yang akan dilakukan pada tanggal 16 September – 4 Oktober di beberapa kantin di UI.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Tommy Ilyas, M.Eng. sebagai Sekretaris Universitas Indonesia mengatakan bahwa nantinya uji coba LCS akan dilakukan di tiga kantin di UI, yaitu kantin FISIP, kantin FKM, dan kantin Prima Rektorat. “Pemilihan tiga kantin ini dilakukan dari segi kesiapan kantin, karena tiga kantin ini telah lama menerapkan sistem pooling cashier atau kasir terpusat, jadi akan lebih mudah dalam menerapkan LCS nantinya,” tuturnya. Syamhudi dari pihak Bank Indonesia dalam sambutannya juga menambahkan bahwa banyak keuntungan yang akan didapatkan dari penerapan LCS ini nantinya , “Diantaranya adalah tingkat keamanan yang lebih terjamin dibandingkan penggunaan uang tunai,” tambahnya.

Setelah kata sambutan, moderator acara, Adhi Yuniarto memandu acara seminar dimana masing-masing perwakilan bank yang hadir menyampaikan manfaat dari penerapan sistem LCS ini serta penjelasan produk-produk mereka terkait dengan sistem e-money . Perwakilan bank yang hadir adalah perwakilan dari Bank CIMB Niaga, BRI, BCA, Mandiri, BNI, dan Bank Permata. Di sela-sela seminar terdapat kuis yang berhadiah produk e-money dari bank yang ada. Setelah sesi dari masing-masing bank selesai, terdapat sesi tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh para peserta yang hadir. Secara umum, para pedagang banyak menanyakan teknis pelaksanaan LCS kedepannya. Bagi para pedagang di tiga kantin yang akan diterapkan dalam masa uji coba (FISIP, FKM, Prima Rektorat) nantinya akan mendapatkan pelatihan kasir selama sehari sebelum masa uji coba dimulai. (WND)

~ dilihat : 261 kali ~