Sofihara Al Hazmy Mendapat Tiket ke Ajang IMC di Bulgaria

sofihara al hazmyBandung, UPI

Sejak berkiprahnya UPI pada kegiatan seleksi peserta The International Mathematics Competion  (IMC) yang diselenggarakan Ditjen Dikti  sejak  tahun 2003, baru tahun 2013 ada peserta dari UPI yang lolos seleksi. Sofihara Al Hazmi mahasiswa prodi Matematika  FPMIPA UPI berhasil menyisihkan 20 orang peserta terbaik lainnya untuk kemudian dapat  mengikuti IMC yang akan diselenggarakan di Bulgaria pada tanggal 5 s.d. 10 Agustus 2013 mendatang.

Seleksi peserta  IMC diselenggarakan di Hotel Grand Aquila Pasteur Bandung pada tanggal 16-18 Juni 2013, diikuti oleh 27 orang peserta, terdiri dari 25 peserta terbaik hasil seleksi ajang Olimpiade Nasional MIPA tingkat Perguruan Tinggi (ON MIPA PT) 2013, ditambah dengan dua peserta undangan yaitu peraih medali emas ON MIPA PT tahun 2012 dan juara pertama OSN PT yang diselenggarakan Pertamina bekerjasama dengan Universitas Indonesia.

Pada ajang ON MIPA PT 2013 yang diberlangsung pada tanggal 2-5 Juni 2013 di Hotel Ina Garuda Yogyakarta,  Sofihara meraih medali perak. Seleksi waktu itu diikuti oleh 62 peserta terbaik,  yang sebelumnya terpilih dari  sekitar 1400 peserta ON MIPA PT di tingkat wilayah.

Berikut adalah nama-nama peserta yang lolos seleksi dan akan berangkat ke Bulgaria sebagai tim dari Indonesia,  Bernard Immanuel (UI), Muhammad Ardi yansyah (UGM), Yoshua Yonathan Hamonangan (UI), Sofihara Al Hazmy (UPI), Taufiq Akbari Utomo (ITB), Kistosil Fahim (ITS), dan Yosef G.T (ITB).  Tim akan didanai sepenuhnya oleh Ditjen Dikti.

IMC merupakan ajang kompetisi matematika bergengsi tingkat universitas yang diselenggarakan sejak tahun 1994, pada umumnya ajang ini diikuti lebih dari 250 perguruan tinggi dari manca negara, diantaranya Warsaw University, Syarif University of Technology dan Isfahan University dari Iran, Utrecht University, Princeton University, University of Cambridge, Yale University, University of Athens, university of Helsinki, dsb. Beberapa tahun terakhir IMC diselenggarakan di Universitas Amerika yang terletak di kota Blagoevrad, Bulgaria. Demikian pula untuk tahun ini IMC akan diselenggarakan di tempat yang sama. Catatan menarik dari IMC, peserta alumni The International Mathematics Olympiad (IMO) untuk tingkat sekolah menengah atas menjadi peserta ajang ini.

Keterlibatan mahasiswa FPMIPA di ajang kompetisi/olimpiade matematika internasional bukan untuk pertama kalinya. Beberapa mahasiswa yang  berhasil  lolos seleksi dan menjadi wakil Indonesia di ajang The International Scientific Olympiad on Mathematics yang diselenggarakan oleh Iran, Al Jupri (2003), Herdi Budiman (2005), dan Enjun Junaeti (2006). Peserta ISOM tidak lebih dari 10 negara, dimana tim dari masing-masing negara terdiri dari 5 orang peserta.

Pada kedua ajang tersebut di atas peserta dituntut untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah di bidang Analisis Real, Kombinatorika, Struktur Aljabar, Aljabar linear, dan Analisis Kompleks. Semua bidang termuat di dalam kurikulum program studi Pendidikan Matematika dan Matematika UPI. Hal ini menunjukkan, setidaknya kurikulum yang dipergunakan dapat memfasilitasi mahasiswa yang memiliki keunggulan untuk dapat bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya. Semoga Sofihara Al Hazmi mendapatkan hasil yang maksimal di IMC nanti. (Siti Fatimah)

~ dilihat : 471 kali ~