Sobat Budaya Indonesia Lakukan Langlang Nuswapada di UPI

Bandung, UPI1.1

Sobat Budaya Indonesia bekerja sama dengan MPP UPI menggelar Langlang Nuswapada di gedung Achmad Sanusi (BPU), Jumat (27/2/2015). Langlang Nuswapada merupakan rangkaian acara pertama yang diadakan Sobat Budaya yang berbentuk roadshow ke kampus-kampus di kota besar di Indonesia.

Langlang Nuswapada berasal dari Bahasa Sansekerta yang berarti berkeliling Nusantara. Roadshow ini menggunakan tagline “Yang Muda, Yang Berbudaya”yang bertujuan menggerakkan generasi muda berpartisipasi dalam pendataan budaya Indonesia.

“Kami ingin menggugah kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya budaya sendiri. Saat ini kekayaan budaya Indonesia menghadapi berbagai ancaman dan tantangan yang serius dari budaya luar yang masif,” ujar Ketua Dewan Pembina Yayasan Sobat Budaya, Hokky Situngkir.1.2

Roadshow ini berisi seminar, pentas seni kebudayaan, pameran data budaya Indonesia, lomba submit data budaya. Pembicara seminar yang hadir adalah dari Indonesia Hagniningtyas (Kementrian Luar Negeri), Ridhatullah Hambalillah (Perwakilan JNE Indonesia), Hokky Situngkir (Pembina Sobat Budaya), Malang Sherman (Duta Sobat Budaya), serta Erlan Rinaldi (Ketua Sobat Budaya) .

“Tujuan acara ini adalah untuk mengajak masyarakat terutama anak muda untuk lebih peduli dengan budaya indonesia terutama dalam pendataan budaya agar tidau terjadi kasus klaim dan punah kembali,” ujar Erlan Rinaldi, ketua Sobat Budaya Indonesia.

Harapan acara ini menurut Erlan adalah terkumpulnya sejuta data budaya yang menjadi slogan dari komunitas Sobat Budaya. (Nida Amalia, mahasiswi Ilmu Komunikasi, FPIPS UPI)

~ dilihat : 215 kali ~