Sebanyak 40 Dosen LPTK Ikuti Latihan Pedagogi

Bandung, UPI1

Sebanyak 40 orang dosen Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Barat mengikuti traning pedagogi (Training pedagogy lecturers primary West Java), 9 s.d. 11 Februari, di Hotel Banana Inn, Bandung. Training dimaksudkan untuk memberikan pelatihan kepada para dosen PGSD/PGMI LPTK mitra dan konsorsia supaya para peserta memahami dan mempraktikkan cara mengajar yang baik dalam pembelajaran.

Peserta pelatihan terdiri atas dosen UPI, Unpas, Uninus, dan STAI Siliwangi Cimahi. Para fasilitator terdiri atas Dra. Effy Mulyasari, M.Pd. (UPI); Tatat Hartati, M.Ed., Ph.D. (UPI); Dr. H. Sufyani Prabawanto, M.Ed. (UPI); Drs. Yudi Dirgantara, M.Pd. (UIN); Drs. H. AsisSaifudin, M.Si. (UIN); dan Dr. Aam Kurnia, M.Pd. (UIN).

“Di samping itu, pelatihan ini untuk memotivasi para dosen peserta pelatihan supaya dapat memanfaatkan bahan rujukan ini dalam perkuliahan yang diampunya, menyiapkan mahasiswa untuk praktik yang baik dalam pembelajaran di sekolah dasar/madrasah ibitidaiyah, dan mendampingi sekolah mitra LPTK,” kata Khaerudin Kurniawan, penanggung jawab pelatihan yang bermitra dengan USAid Prioritas ini, di Bandung, Selasa (10/2/2015).

Menurut dosen Bahasa Indonesia pada Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastera (FPBS) Universitas Pendidikan Indonesia ini, pelatihan ini juga menjadi salah satu rujukan bagi para dosen peserta pelatihan dalam mengelola pembelajaran secara efektif. Di samping itu, agar mereka memahami kurikulum, melakukan penilaiana utentik, gender di sekolah dan LPTK, literasi lintas kurikulum (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan Kelas Awal), serta melakukan praktik mengajar. (WAS)

~ dilihat : 210 kali ~