RunForiver UI 2015, Berlari untuk Ciliwung

RunForiver 2015Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) pada Minggu (6/9/2015) mengadakan kegiatan RunForiver UI Half Marathon di area Kampus Universitas Indonesia, Depok. Kegiatan ini merupakan kompetisi lari tahunan yang diadakan sebagai bentuk kepedulian Mapala UI terhadap kondisi lingkungan Sungai Ciliwung. Di tahun 2015 ini, RunForiver telah memasuki tahun ketiga penyelenggaraannya.

Kampanye program river adoption atau adopsi Sungai Ciliwung masih menjadi fokus utama kegiatan. Seluruh biaya pendaftaran peserta maraton akan didonasikan 100% untuk program-program lingkungan Mapala UI yang berfokus pada Sungai Ciliwung.

Program-program ini bekerja sama dengan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) seperti program penghijauan daerah aliran Sungai Ciliwung, pendampingan masyarakat, dan pendidikan lingkungan hidup untuk masyarakat sekitar Sungai Ciliwung.

Salah satu program yang sedang dijalankan adalah pengolahan limbah sampah di sekitar daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung di daerah perumahan Ratu Jaya, Depok. Pelaksanaan program ini turut melibatkan peserta Kuliah Kerja Nyata (K2N) UI dan para relawan.

RunForiver membuka tiga kategori jarak lomba, yakni 21 km (half marathon), 10 km, dan 5 km. Kategori ini terbagi lagi menjadi kategori open (dapat diikuti oleh warga negara asing), close (warga negara Indonesia), dan student (di bawah usia 18 tahun).

Berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun ini garis start dan finish berada di area Rotunda UI. RunForiver 2015 diikuti sekitar 1.400 peserta dan partisipan dari sejumlah komunitas kesehatan, lingkungan, dan olah raga.

Di acara ini juga terdapat bazaar makanan, perlengkapan kegiatan outdoor, foodtruck, dan pameran dari KPC Depok serta KPC Condet. “Diharapkan kampanye program adopsi sungai ini dapat menginspirasi pihak lainnya untuk membuat program adopsi-adopsi lainnya yang serupa,” ungkap Firman Arif, Ketua Mapala UI pada sambutan pembukaan acara.

Penulis: Wanda Ayu


~ dilihat : 157 kali ~