Roy Suryo: Pendidikan, Foundasi Pembentukan Mental Olahraga

2

Bandung, UPI

Kampus merupakan pondasi pendidikan, melalui pendidikan diharapkan mampu membangun jiwa patriotisme dan mental juara, kata Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Roy Suryo di Auditorium Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia (FPOK UPI) Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Roy menjadi keynote speaker dalam seminar keolahragaan yang terintegrasi dalam Forum Ilmiah dan LPTK Cup VI Tahun 2013 yang diselenggarakan oleh FPOK UPI. Menurut ketua pelaksana yang juga Dekan FPOK UPI Dr. Yunyun Yudiana, M.Pd, kegiatan ini sudah terlaksana untuk yang ke-6 kalinya, dan diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap pengembangan ilmu kependidikan di Indonesia dan nilai-nilai akademik dari seluruh personil yang terlibat.3

Seminar ilmiah diselenggarakan dengan maksud untuk menambah roh keakademikan dari kegiatan ini, serta sebagai ajang bertukar pendapat mengenai dinamika keolahragaan. Hadir sejumlah 332 orang peserta seminar dari 11 LPTK se-Indonesia, ujarnya.

Dikatakan Roy, dengan analisis SWOT orang tua dapat mengetahui bakat anaknya, mengetahui kekuatan, kelemahan, kesempatan serta tantangannya, bagian mana yang harus ditonjolkan.

Fisik hanya bagian kecil dari pembinaan mental, justru pendidikanlah yang menjadi pondasi pembentukan mental itu sendiri. Jika mental sudah terbentuk maka segala macam bentuk teror dan stres dapat dilalui dengan mudah.

Sudah saatnya kita mengatur strategi dan bersinergi dengan semua pihak untuk membantu pengembangan olahraga. Memadukannya dengan science adalah hal yang tepat, karena kita perlu berstrategi, sama halnya seperti apa dilakukan oleh perenang yang menggunduli kepalanya hingga plontos, menurut ilmu pengetahuan, keberadaan rambut dikepala dapat menghambat pergerakan.

Diakhir paparannya, Roy menekankan pada semangat patriotisme dan membangun jiwa kepemudaan, serta melibatkan peran serta perguruan tinggi sebagai pondasi untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan, disamping itu kita gunakan strategi melalui analisis swot untuk mengetahui segala kemungkinan. (Dodi Angga)