Roadshow Kantor Internasional UI di Fakultas Teknik

Indeks Berita


Roadshow Kantor Internasional UI di Fakultas Teknik

Posted by admin on 2013-03-28 10:28:37

Senin (18/03), Kantor Internasional Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan roadshow ke Fakultas Teknik (FT) di Ruang Chevron Gedung Dekanat FT UI. Dalam roadshow ini , Kantor Internasional UI menjelaskan info beasiswa juga program-program internasional lainnya yang dikelola oleh Kantor Internasional UI.

Sigit, selaku salah satu staf Kantor Internasional UI, dalam kesempatan tersebut memulai penjelasannya dari uraian tentang jenis-jenis layanan yang disediakan oleh Kantor Internasional UI. Layanan tersebut antara lain penyediaan fasilitas kerja sama internasional, pengelolaan kunjungan-kunjungan tamu internasional, rekrutmen mahasiswa asing, proses internasionalisasi UI, hingga pengurusan mobilitas mahasiswa dalam sejumlah program internasional.

Kantor Internasional UI memiliki jangkauan kerja sama yang mendunia. Hal ini ditampilkan oleh Sigit dalam map of engagement yang meliputi berbagai negara di dunia, mulai dari Asia, Eropa, Amerika, hingga Australia. Kantor Internasional UI juga aktif terlibat dalam sejumlah forum dan perhimpunan internasional, antara lain Global University Network for Innovation, Satu Presidents Forum, Association of Pacific Rim Universities, dan ASEAN University Network. Berbagai jaringan tersebut dimanfaatkan oleh Kantor Internasional UI untuk mempromosikan UI di kancah internasional. Pada jaringan-jaringan tersebut, UI menjalin berbagai jenis kerja sama sehingga para mahasiswa UI bisa ikut berbagai program yang terselenggara atas kerja sama beberapa pihak.

Salah satu jenis kegiatan yang terlaksana berkat kerja sama tersebut adalah student exchange program (Studex). Beberapa program studex ini memiliki beasiswa yang mencakup pembebasan biaya kuliah (tuition waiver) dan biaya hidup (living cost). Lembaga yang biasa memberi beasiswa antara lain Dikti, Pemerintah Jepang (MEXT, JASSO), Korindo dan Pemerintah Korea, Temasek, serta UBD Study Awards.

Dalam berbagai beasiswa di atas, ada beberapa skema yang digunakan. Pertama, skema university to university. Dalam skema ini, UI memiliki banyak mitra, antara lain Tokyo Tech, NUS, Seoul National University, dan Vrije University. Kedua yaitu skema government to government. Dalam skema ini, negara yang terlibat antara lain adalah Malaysia-Indonesia-Thailand (MIT). Yang ketiga adalah skema asosiasi internasional seperti AUN-ACTS Student ExchangeProgramme.

Keikutsertaan mahasiswa dalam studex harus memenuhi sejumlah persyaratan. Beberapa persyaratan studex yang umum biasanya adalah skor minimal TOEFL ITP 500 atau IELTS 5,0, mendapatkan surat rekomendasi fakultas, memiliki transkrip nilai, daftar riwayat hidup, dan telah menempuh minimal kuliah 2 semester. Selain itu, Kantor Internasional juga memiliki jaringan untuk sejumlah beasiswa program S2 dan S3, beberapa di antaranya adalah beasiswa dari Jardine Foundation, SIIT Thammasat Bangkok, University of Tokyo, Dikti, serta Korean Government.(IB)

~ dilihat : 399 kali ~