Riko , Ketua Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi UPI Angkatan 2015

1-1Bandung, UPI

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Indonesia melakukan pengkaderan terakhir yakni Penerimaan Anggota Biasa yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Kiarapayung Jatinangor, Bandung selama dua hari satu malam yakni tanggal 7-8 November 2015. Tercatat sebanyak 61 orang mengikuti Penerimaan Anggota Biasa tahun ini.

Acara dimulai dengan melakukan apel pembukaan di halaman University Center Kampus UPI Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung yang dibuka Ibu Wilodati, M.Si. mewakili Kaprodi Siti Komariah, M.Si. Ph.D.. Apel pembukaan juga dihadiri dosen Prodi Pendidikan Sosiologi Mirna Nuralia, S.Sos., M.Si. dan Asep Dahliana, S.Pd.,M.Pd. serta dihadiri juga alumni angkatan 2010 Rizki Muhammad Ramadhan, S.Pd.

Acara pada sore itu berlangsung cukup khidmat. Dalam amanahnya pembina upacara berpesan agar tidak ada perpeloncoan dan penghinaan terhadap mahasiswa baru, serta mengucapkan selamat menjalankan aktivitas. Setelah apel, mahasiswa baru diberikan tutorial penggunaan tas kecil oleh kakak tingkatnya.1-2

Esok harinya, pukul 4.00 WIB panitia berkumpul dibelakang University Center untuk mempersiapkan pemberangkatan ke Bumi Perkemahan Kiarapayung. Peserta pun mulai berdatangan dengan menggunakan tas gunung mereka pun terlihat sangat antusias mengikuti acara ini. Setelah banyak peserta yang berkumpul panitia khususnya dari komisi disiplin memeriksa barang bawaan peserta untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal dan barang yang dilarang dibawa.

Perjalanan dimulai, truk panitia berangkat lebih dulu tepatnya pukul 06.30 WIB. Truk perlahan melaju meninggalkan UPI dan menyusuri jalan Dr. Setia Budi dan masuk ke Tol Pasteur. Kurang lebih sekitar pukul 08.00 WIB truk panitia tiba di Bumi Perkemahan. Sedangkan truk peserta masih dalam perjalanan.

Pukul 08.30 WIB, truk peserta tiba di bumi perkemahan. Mereka tidak langsung diarahkan ke cam,p namun di-drop di spot yang jauh dari camp. Mereka diistirahatkan dulu sambil menyanyikan yel-yel mereka. Terlihat mereka sangat senang dengan kegiatan ini. Sembari menyanyikan yel-yel panitia menilai kelompok mana yang paling kompak dan akan berangkat lebih dulu untuk tracking outbond post to post. Kemudian mereka diperiksa denyut nadinya oleh bagian medis, sementara itu panitia divisi konsumsi sibuk membagikan makanan untuk bekal makan siang mereka.1-3

Tracking outbond post to post dimulai pukul 9.10 WIB. Kelompok pertama melaju menuju ke pos pertama yaitu Pos Departemen Kerohanian. Setelah dari pos pertama, mereka melanjutkan ke pos berikutnya yaitu pos antara 1, kemudian ke pos kedua yaitu Pos Departemen Pendidikan, lalu ke pos ketiga yaitu Pos Departemen Organisasi, kemudian mereka menuju pos antara 2, dan lanjut ke pos Departemen Sosial Politik, lanjut lagi ke pos antara 3, dan lanjut ke pos Departemen Kesejahteraan Mahasiswa, dan melanjutkan ke pos terkahir yakni Pos Aliansi Alumni, kemudian mereka diarahkan ke camp untuk mandi dan beritirahat sejenak.

Tracking outbond post to post pun selesai pukul 17.00 WIB. Panitia menyisir lokasi post to post dan berakhir di pos aliansi alumni untuk bersilaturahmi. Peserta bersama panita pulang menuju camp untuk menyiapkan acara selanjutnya. Azan magrib mulai berkumandang, panitia dan peserta melaksanakan shalat berjamaah di lapangan, dan dilanjutkan dengan membaca Al-Maqshurat, kemudian Shlat Isya.

Setelah itu dinyalakanlah api unggun dan setiap kelompok menampilkan kreasi seninya. Ada yang menyanyi, menari, membaca puisi dan lain-lain semuanya hanyut dalam acara itu. Tak terasa hari mulai malam. Pukul 22.00 WIB acara kreasi seni dan api unggun berakhir. Peserta diarahkan untu tidur.

Pukul 12.00 WIB mereka dibangunkan untuk melakukan malam kebersamaan (maman) atau jurit malam. Tepat pukul 03.00 acara maman pun berakhir, kemudian dilakukan cooling down sambil menonton video dokumentasi kaderisasi mereka. Setelah itu merekapun diarahkan untuk shalat tahajud hingga adzan subuh pun berkumandang dan dilanjutkan dengan shalat subuh kemudian dibagi bubur kacang untuk sarapan. Pagi harinya panitia dan peserta melaksanakan senam pagi. Setelah selesai senam masing-masing kelompok mempresentasikan social project mereka yang nantinya akan di follow up oleh departemen organisasi.

Tepat pukul 09.00 WIB mereka pun diarahkan untuk sarapan pagi dan mengantre di tenda konsumsi untuk mendapatkan makanan. Mereka makan bersama di shalter. Selesai makan mereka melakukan musyawarah untuk memilih ketua angkatan mereka yang memimpin mereka seumur hidup. Musyawarah pun berjalan alot dan akhirnya selesai juga. Dengan hasil kesepakatan peserta maka ketua angkatan terpilih yaitu Riko, namun tidak diberi tahu dulu karena nanti akan diumumkan pada saat upacara pembukaan.

Waktu menunjukkan pukul 11.45 WIB, upacara penutupan segera dilaksanakan. Adalah Acep Suryanto (2013) bertindak sebagai pembina, karena para dosen sudah pulang terlebih dahulu. Upacara dimulai ditandai dengan protokol yang dibacakan. Kemudian pelepasan tanda peserta. Setelah selesai upacara, selanjutnya pengumuman ketua angkatan 2015 dengan ditandai siraman air. Maka resmilah Riko (2015) terpilih sebagai ketua angkatan 2015. Selanjutnya dilakukan penyematan tanda lulus PAB yang menegangkan. Salaman dan pelukan serta tangisan haru mengakhiri acara PAB ini. (FMR)

~ dilihat : 109 kali ~