Rektor UPI: KPM Adalah Aset Universitas

Tidaklah termasuk golonganku orang yang tidak menghormati yang lebih tua

dan tidak menyayangi yang muda (HR Imam Ahmad dan ath-Thabrani)

 

lustrum kpm 1Bandung, UPI

Lustrum I dan Dies Natalis V Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (KPM UPI) jatuh 16 Rabiul Akhir 1434 H/27 Februari 2013 M, rangkaian kemeriahannya seperti Upacara Kebesaran Utama dan Majelis Tilawah Korps diakhiri dengan acara puncak Majelis Jamuan Makan Malam bertempat di Ballroom Banana Inn Hotel Jalan Dr. Setiabudhi Nomor 191, Bandung pada Sabtu, 19 Rabiul Akhir 1434 H/2 Maret 2013 M.

Dalam penuh ketasyakuran Dies ke V ini, Korps menyelenggarakan majelis jamuan sebagai bentuk kesyukuran dan aplikasi ilmu keprotokolan khususnya bidang jamuan resmi. Nuansa Islami, budaya Sunda, dan penuh nilai kebangsaan melekat pada jamuan ini.

Korps didirikan oleh mahasiswa UPI, diantaranya, Puji Nur Firman (PLS/FIP 05), Dimas Awal Ginanjar (PJKR/FPOK 05), Jembar Adi Setya (PJKR/FPOK 05), Wenda Averroes Akil (Psikologi/FIP 06), Afsari Mutiara M.P. (Pend. B. Inggris/FPBS 06) di Bumi Siliwangi. Pada  16 Rabiul Akhir 1429 H / 22 April 2008 yang dikukuhkan oleh Rektor UPI  Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. dan didukung penuh oleh Prof. Rusli Lutan (PR III pada waktu itu) dari awal berdiri sampai menapaki tahun bhakti ke VI ini Korps senantiasa menegakan dan menjaga marwah Korps, Agama, Budaya, Bangsa, Negara dan Akademik.

Jamuan Makan Malam dihadiri langsung oleh Bapak Rektor UPI  Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd., beserta Ibu Hj. Euis Sunaryo Kartadinata, M.Pd. Acara diawali dengan penjemputan rombongan VVIP Bapak Rektor beserta Ibu oleh Ketua Panca Pendiri kakanda Puji Nur Firman, S.Pd., M.Sc. dan Mitra Tama TB VI Gerry Ginanjar (Pend. PKn/FPIPS 10) dari ruang transit menuju Ballroom Banana Inn, tampak menyambut di pintu utama Ballroom Pembina Utama Bunda Dr. Hj. Yayah Rahyasih, M.Pd. (Direktur SDM UPI), Anggota Panca Pendiri Kakanda Dimas Awal Ginanjar, S.Pd., dan Kakanda Jembar Adi Setya, S.Pd., rombongan VVIP tersebut dipandu oleh Mitra Muda TB VI Nana Cholisna (Pend. Sejarah/FPIPS 10) menuju ruang jamuan diiringi instrumen lagu khas Sunda “Sabilulungan” yang begitu syahdu serta sikap penghormatan diberikan oleh seluruh civitas Korps sebagai tradisi Korps kepada para tamu kehormatan.

Tampak hadir dalam meja VIP Pembina Harian I Yanda Rudiyanto, S.Pd., M.Si (Dosen FIP), Direktur UPI Kampus Purwakarta Dr. Mamat Ruhimat, M.Pd. beserta Ibu, Kepala Office of International Education and Relations (OIER) Sri Harto, M.Pd., Pembina Yayasan Lembaga Pendidikan Yudhistira Prof. Dr. Bachtiar Hasan, MSIE., Sekretaris HIMPAUDI Jawa Barat Bunda Widyawati, Mitra Tama dan Mitra Muda TB II, VI, dan V, para alumni KPM UPI yang tegabung dalam Purna Bhakti Korps beserta Istri, Dewan Protokol Utama beserta civitas Korps kampus Bumi Siliwangi, Satuan Kampus Purwakrta dan Satuan Kampus Cibiru, UKM dan undangan di lingkungan UPI, KPM UNPAD dan Protokoler UNISBA.

Setelah rombongan VVIP tiba di meja kehormatan Mitra Tama TB VI Gerry Ginanjar memimpin Jamuan Makan Malam Lustrum I dan Dies Natalis V KPM UPI dengan penuh nilai Islam membacakan Surat An Nasr sebanyak tiga kali diikuti oleh seluruh undangan majelis jamuan pembacaan surat tersebut sangat khusyu dengan harapan Allah SWT memberkahi majelis jamuan ini, selesainya dilanjutkan dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan dengan penuh nasionalisme.lustrum kpm 3

Acara berlanjut dengan menikmati makanan yang telah disuguhkan oleh Korps dengan khas tatar Sunda, jamuan terasa hangat dan kekelurgaan dengan diiringi pemutaran selayang pandang 5 tahun Koprs berkiprah serta suguhan tari Jaipong oleh anggota Korps Adinda Seni Litya Kassa (Pend. Seni Tari/FPBS 12), setelah menu utama usai, acara dilanjutkan dengan penyerahan laporan tahunan oleh Mitra Tama TB V Kakanda Deni Ahmad Kurniadi kepada Ketua Panca Pendiri. Sekaligus penyematan penghargaan Wings Kepemimpinan kepada para Mitra Tama dan Mitra Muda yang telah selesai menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan Korps, penyematan Wings dilakukan oleh Ketua Panca Pendiri didampingi para anggota Panca Pendiri kepada Mitra Tama dan Mitra Muda  TB V Kakanda Deni Ahmad Kurniadi (Akuntansi/FPEB 09) dan Norman Syah Putra (Akuntansi/FPEB 09) disaksikan oleh Rektor, tamu VVIP dan VIP.

Tradisi penyerahan laporan dan penyematan ini dilakukan karena merujuk Peraturan Kehidupan (Perdup) Korps Nomor 22.1/338-KPM UPI/I/212 tentang Penghargaan kepada Purna Tugas Mitra Tama dan Purna Tugas Mitra Muda Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia.

Majelis jamuan terasa begitu khidmat dilanjutkan dengan Prakata Mitra Tama TB VI Gerry Ginanjar yang memberikan ucapan terima kasih atas kehadiran Bapak Rektor beserta Ibu, rasa penghargaan kepada tamu undangan atas kehadirannya dalam majelis jamuan ini, Mitra Tama menegaskan “Korps berbhakti tiada henti demi membanggakan alamamater tercinta dan selalu siap menjalankan marwah Koprs sesuai digariskan oleh Panca Pendiri Koprs”.

lustrum kpm 4Usai prakata Mitra Tama dilanjutkan dengan prakata Ketua Panca Pendiri Kakanda Puji Nur Firman, S.Pd., M.Sc, Ketua Panca Pendiri menyampikan “Korps tercinta ini merupakan salah satu barometer mahasiswa sebagai insan akademik memiliki marwah akhlak mulia, cinta budaya sunda, dan bangga akan nilai kebangsaan Indonesia, dengan 5 tahun berdiri Korps kami bersyarikat karena taat”.

Prakata diakhiri dengan Mars Korps dinyanyikan oleh seluruh majelis jamuan dengan penuh rasa haru dengan penggalan syair “inilah Koprs yang kami banggakan, lima kubah sebagai lambang utama, Illahi Robbi naungi kami berpijak kaki di bumi pertiwi”.

Kehangatan dan kejayaan Korps sangat terasa sambutan Pembina Utama Bunda Dr. Yayah Rahyasih (Direktur SDM UPI) menyampikan selama membina Korps dibantu oleh Pembina Harian I Yanda Rudiyanto, S.Pd., M.Si (Dosen FIP) dan Pembina Harian II Bunda Dr. Ipah Saripah, M.Pd (sekretaris Jurusan PPB FIP) begitu membanggakan.

“Melihat civitas Korps selalu berdisiplin tinggi menjunjung agama dan budaya serta cinta akan kebangsaan merupakan modal salah satu sumber daya manusia, kelak menjadi tunas dan harapan bangsa umumnya almamater pada khususnya, ungkap Dr. Yayah Rahyasih.

Sementara itu, Rektor UPI dalam sambutannya menyampaikan, bahwa lima tahun lalu Puji Nur Firman menghadap ke ruangan saya, ketika akan dibentuknya Korps, pihak universitas langsung merespon baik prosedur, finansial, dan kesiapan lainnya bahwa Korps hal ini adalah kebutuhan untuk melaksanakan berbagai kegiatan dan pencitraan mahasiswa sebagai bagian dari  universitas.

“Korps ini telah mengukir bhakti yang selalu berpartisipasi dalam kegiatan universitas, Korps ini adalah aset yang harus didukung bersama oleh para pejabat universitas karena Korps sangat dibutuhkan oleh universitas,” ujar Prof. Sunaryo Kartadinata, M.Pd.

Lebih lanjut Rektor menegaskan, dalam tugas keprotokolan Korps ini mampu menerapkan sistem komando sebagai landasan operasional tugasnya, pihak universitas merasakan dari berbagi sudut penugasan keprotokolan Korps ini sudah teruji dan tertata rapih karena menjalankan prosuder tetapnya, ada hal yang harus diingat baru kali ini saya menghadiri acara mahasiswa yang begitu mengedepankan nilai disiplin berdasarkan nilai Islam, budaya sunda, dan kebangsaan. Ini ada landasan marwah yang baik dan harus terus diikuti oleh civitas Korps, Panca Pendri, Purna Bahkti, beserta mantan Mitra Tama dan mantan Mitra Muda harus tetap membimbing adik-adik Korps agar bersama-sama terus berkomunikasi tiada henti dengan universitas.

Diakhir sambutannya Rektor menyampaikan “atas nama pribadi dan universitas saya merasa bangga dan haru seraya mengucapkan selamat atas Lustrum I dan Dies Natalis V KPM UPI, semoga semakin jaya dan berkarya”.

lustrum kpm 6Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman Korps dengan Yayasan Pendidikan Yudhistira. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Mitra Tama Tahun Bhakti VI Gerry Ginanjar dan Pembina Yayasan Lembaga Pendidikan Yudhistira Bapak Prof. Dr. Bachtiar Hasan, MSIE., disaksikan oleh Rektor, Pembina Utama dan Ketua Panca Pendiri Korps.

Nota kesepahaman tersebut merupakan lanjutan dari nota kesepahaman sebelumnya dimana para calon protokol utama Korps wajib mengaplikasikan ilmu keprotokolannya ke dalam satuan pendidikan di lingkungan Yayasan Lembaga Pendidikan Yudhistira sebagai salah satu bentuk pengabdian dan syarat menjadi Protokol Utama (sabit tiga).

Menu penutup Es Krim Kue Goreng Saus Coklat khas sunda disajikan dengan diiringi penapilan rampak kendang dari KABUMI UPI menambah kental nuansa sunda diilanjutkan Opera Khayalanku dari civitas KPM UPI Satuan Kampus Cibiru dan hiburan terakhir grup tari Jaipong civitas KPM UPI Satuan Kampus Purwakarta. Majelis jamuan ditutup oleh Mitra Tama TB VI dan diakhiri dengan Hymne Universitas Pendidikan Indonesa serta rombongan VIP meningglan Ballroom Banana Inn diiringi musik Sabilulungan.

Lima tahun Koprs ini berdiri mengawal almamater tercinta dengan menjunjungan tinggi nilai Agama, Budaya, Bangsa, dan Negara, kami civitas Korps senantiasa bercita-cita menjadi insan berakhlak mulia, insan akademis intektual, insan santun sesuai dengan surat al‐Baqarah ayat 152 “Kamu ingati aku (Alloh), nescaya Aku akan mengingati kamu pula”. Lustrum I dan Dies Natalis V Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia “BERSYARIKAT KARENA TAAT”. (Humas KPM UPI)

~ dilihat : 929 kali ~