Rektor UI Resmi Dilantik

DSC_0206Setelah diumumkan sebagai Rektor terpilih Universitas Indonesia periode 2014—2019 pada Selasa (18/11/2014) lalu, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met. menjalani upacara pelantikan pada Kamis (4/12/2014). Upacara pelantikan yang berlangsung di Balai Sidang UI ini dipimpin oleh Ketua Majelis Wali Amanat UI, Erry Riyana Hardjapamekas, S.E. Pelantikan ditandai dengan serah terima jabatan dari Pejabat Rektor sebelumnya, Prof. Dr. Bambang Wibawarta, M.A., kepada Rektor terpilih, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met.

Dalam sambutannya, Anis menyampaikan bahwa untuk mencapai visi UI menjadi universitas unggul, perlu adanya usaha untuk membangun trust. Trust, kata dia, merupakan modal sosial yang sangat krusial dalam membangun potensi UI. Lebih lanjut, Anis juga mendukung program pemerintah untuk mengembangkan potensi maritim. UI akan melakukan riset dan inovasi teknologi di bidang maritim untuk mendukung program tersebut. “Misi ini sejalan dengan kebijakan baru yang memadukan pengelolaan pendidikan tinggi dengan pengembangan riset dan teknologi,” kata Anis.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir, yang turut hadir dalam upacara pelantikan tersebut menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Rektor UI periode 2014—2019. Ia berharap, UI ke depanya dapat menjadi universitas yang dapat bersaing di dunia internasional. Selain itu, Nasir juga berharap UI dapat mengembangkan riset yang dapat diaplikasikan di dunia usaha atau industri. Publikasi riset, kata dia, hendaknya mudah diakses dan tidak hanya diarsipkan. “Harapan saya semoga hasil riset dapat diaplikasikan di dunia usaha, agar mampu mensejahterakan masyarakat,” ujar Nasir. (KHN)