Rasto : FPEB Pernah Menjadi Leader di Tingkat Nasional

DSC_0850

Bandung, UPI

Seluruh Sivitas Akademika Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merayakan Dies Natalis ke-5 di Gedung FPEB Gernadi UPI, Kamis  (31/10) pagi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, mulai dari dekan, pembantu dekan, ketua prodi, dosen, karyawan hingga mahasiswa FPEB melakukan gerak jalan bersama di daerah sekitar kampus.

Dekan FPEB, Dr. H. Edi Suryadi, M.Si. mengatakan, dalam mempringati ulang tahun FPEB yang ke-5, acara yang diselenggarakan biasanya menyangkut bidang akademik seperti seminar, lomba-lomba, dan sebagainya. Selain menyelenggarakan kegiatan dalam bidang akademik, lanjut Edi, FPEB juga menyelenggarakan kegiatan dalam bidang olahraga yaitu dengan mengadakan gerak jalan.

Menurut Edi Suryadi, FPEB yang sebelumnya hanya jurusan, sekarang sudah menjadi fakultas dan sudah bisa berdiri sendiri meski masih memiliki keterbatasan jika dibandingkan dengan fakultas lain. Namun, secara proses, fakultas ini akan terus berkembang dan bisa sejajar dengan fakultas lain.

“Dengan harapan mampu mendorong semangat bagi warga fakultas di FPEB untuk mahasiswa agar lebih rajin dan lebih semangat belajar, tak lupa untuk karyawan agar lebih termotivasi dan bekerja lebih baik, begitu juga dosen,” katanya.

Ia berharap, fakultas ini bisa lebih berkembang dan lebih maju dari fakultas lain. Ia meyakini FPEB bisa selangkah lebih maju dibandingkan dengan fakultas lain. “Kita mampu berkembang dengan didorongnya oleh status BHMN, salah satunya kita sudah bisa membuka prodi IEKI. Dan hal itu patut kita syukuri,” tuturnya.

Sementara itu salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Manajemen Perkantoran, Elsa Renata  mengatakan, “Sangat seru! Seluruh mahasiswa yang berbeda jurusan berkumpul menjadi satu,” usai mengikuti gerak jalan. Kepada MANPERpers, Elsa berpendapat kegiatan seperti ini dapat mempererat silahturahmi antara sivitas akademika FPEB.

Senada dengan Elsa, Ketua Prodi Pendidikan Manajemen Perkantoran FPEB UPI, Dr. Rasto, M.Pd., pun mengaku kegiatan ini dapat mempererat kekeluargaan antar sivitas akademika FPEB. Ia menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk menambah semangat akademik mahasiswa melalui keceriaan. Jadi, lanjut ia, belajar dan berkreativitas itu bukan menjadi sesuatu yang menakutkan atau membosankan melainkan sesuatu yang menyenangkan.

Menurut Rasto, saat ini FPEB Memiliki 7 prodi, ketujuh prodi tersebut diarahkan pada pencitraan fakultas melalui pengembangan kurikulum yang lebih berorientasi pada pasar dan landasan filosofis yang lebih kokoh. “Sehingga secara akademik dan secara pasar, lulusan FPEB bisa berkiprah,” tuturnya.

Pria yang pernah menjadi Ketua Prodi terbaik Se-UPI itu mengatakan bahwa saat ini tidak sedikit masyarakat yang belum faham tentang eksistensi prodi yang ada di FPEB. Bahkan, banyak yang beranggapan, prodi-prodi tersebut hanya melahirkan tenaga pendidik yang bergelar sarjana pendidikan dan tidak melahirkan tenaga ekonom yang bergelar sarjana ahli, “Jadi pencitraan ini yang akan terus diperkuat oleh fakultas melalui prodi,” jelasnya.

Rasto berharap fakultas termuda di UPI itu dapat meningkatkan mutu layanan akademik dan kemahasiswaannya agar menjadi fakultas yang leading and outstanding di UPI. Menurutnya, FPEB memiliki peluang untuk bisa berbicara di tingkat nasional sebab fakultas ini pernah menjadi leader dalam beberapa kegiatan di tingkat nasional. “Jadi moment ini tentu harus menjadikan FPEB lebih baik,” katanya. [Santi Nurjanah].

~ dilihat : 322 kali ~