Pusdikum Bekali Menwa UPI dengan Tata Upacara Militer

_DSC0036Bandung, UPI

Pusat Pendidikan Hukum (Pusdikum) melatih Resimen Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (Menwa UPI) mengenai Tata Upacara Militer (TUM), Jumat (17/4/2015), di Markas Komando Menwa Batalyon XI UPI, Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. Pelatihan ini diadakan agar Menwa UPI paham dan mengerti akan upacara dan mampu melaksanakan upacara yang baik dan benar sesuai dengan aturan upacara militer.

DSC_0011Walaupun Menwa sebenarnya masyarakat sipil, tetapi Menwa selalu menggunakan Tata Upacara Militer dalam beberapa kegiatan Menwa seperti, pembukaan atau penutupan pendidikan dasar, Sertijab, Upacara HUT, Apel Korps, dan beberapa Upacara lainnya, dari hal itulah Menwa meminta Pusdikum untuk memberikan materi mengenai Tata Upacara Militer.

Letda. Chk. Hendra Iskandar S.H., sebagai pemateri dalam pelatihan ini mengatakan, “Sebelum melaksanakan upacara kita harus mengetahui teknik, tata cara dan acuan dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor SKEP/292/IX/2004 Tanggal 6 September 2004 mengenai TUM”.

Selain materi TUM kegiatan pelatihan ini juga memberi training motivation bagi anggota baru Menwa agar selalu bersemangat dalam semua kegiatan Menwa dan Masuk Menwa menjadi Mahasiswa Plus.

Pusdikum dan UPI telah menandatangani MoU pada Desember 2014, isinya terkait dengan pelatihan, latihan kepemimpinan, bakti sosial.

Komandan Menwa Ilham Fauzi mengatakan, “Antara Pusdikum dan Menwa UPI saling menjalin kerja sama dan komunikasi  yang baik, dan kami banyak sekali mendapatkan ilmu dari anggota Pusdikum yang selalu berkunjung ke Mako Menwa”.

Dia berharap, Menwa UPI semangkin mantap dengan ilmu kemiliteran dan ilmu pengetahuan yang menjadi moto dari Menwa. (Danki Meggy, anggota Menwa Batalyon XI)

~ dilihat : 272 kali ~