Pusat Psikologi Terapan Selenggarakan Short Course HRM Practices

p2t 1

Bandung, UPI

Pusat Psikologi Terapan (P2T) Departemen Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan Short Course: Introduction to HRM Practices pada tanggal 15-16 Januari 2016 di Hotel Promenade, Jalan Cihampelas No. 119-121 Bandung. Short course kali ini merupakan short course ke-14 yang diselenggarakan oleh P2T.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Tina Hayati Dahlan, M.Pd., Psikolog selaku Ketua P2T, Drs. H. M Engkos Kosasih, M.Pd. selaku Ketua Departemen Psikologi UPI, dan Prof. Dr. H. Ahman, M.Pd. selaku Dekan FIP UPI serta ditutup oleh Ifa Hanifah Misbach, M.A.,Psikolog selaku Wakil Ketua P2T.

Short course ini bertemakan“building HR practitioner competencies based on SKKNI in facing MEA 2016”yang disajikan oleh empat pemateri yakni Indra Wahyudin, S.Psi., Nessa Lies Arianti, S.Psi., Tisya Fadilla, M.Psi., Psikolog., dan Taufik Ramadhan, S.Psi. Keempat pemateri berprofesi sebagai HRM Practices dan merupakan alumni Departemen Psikologi FIP UPI.

p2t 2

Peserta short course yang berjumlah 22 orang terdiri atas dosen, mahasiswa, serta praktisi Human Resources Development (HRD) yang berasal dari Bandung, Karawang, dan Jakarta. “Short course ini sangat bermanfaat dan aplikatif bagi saya selaku karyawan dan praktisi HRD yang bukan berlatarbelakang psikologi” ujar Hera Oktaviani yang merupakan salah satu peserta dari Jakarta.

Selama dua hari para peserta diberikan materi tentang overview HRM based on competencies dan 7 pilar HRM, yaitu organization development, recruitment management, traning, learning and development, performance management, reward management, personnel management, serta industrial relation. “Human Resources Management itu seperti rumah, jika salah satu pilar tidak berfungsi, maka rumah tersebut tidak akan terbangun dengan kokoh” ujar Indra Wahyudin, S.Psi.

Short course Introduction to HRM Practices bertujuan untuk memberikan pandangan dasar tentang HRM Practices guna menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang dimulai tahun 2016 ini. Setelah short course ini P2T kembali akan mengadakan short course yang lebih detil dan mendalam mengenai organization development. (Hanan/Fauziani)

~ dilihat : 88 kali ~