Pusat Kajian Kelanjutusiaan UI Luncurkan Program Age Concern

Indeks Berita


Pusat Kajian Kelanjutusiaan UI Luncurkan Program Age Concern

Posted by admin on 2013-03-26 10:40:53

Pusat Kajian Kelanjutusiaan atau Centre for Ageing Studies Universitas Indonesia (CAS UI) menyelenggarakan acara Peringatan Ulang Tahun CAS UI yang ke-3 pada Rabu (20/03) di Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta. Pada acara ini, CAS UI juga sekaligus memperkenalkan Program Age Concern yang digalang CAS UI bekerja sama dengan Sule Foundation Korea.

Acara ini dihadiri oleh Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI Bachtiar Alam, Ph.D., Ketua II Komnas Lansia Indonesia H. Tono Hartono, perwakilan WHO untuk Indonesia Mark Webber, perwakilan dari Kedutaan Besar Korea Selatan Park Young-Sun, serta Menteri Kesehatan RI dr. Nafsiah Mboi, Sp.A., M.P.H. yang turut memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, Nafsiah menyatakan bahwa seharusnya sosialisasi mengenai ageing atau penuaan jangan hanya ditujukan bagi orang dengan usia lanjut karena sudah terlambat. “Pada saat kita tumbuh kembang, pada saat itulah kita harus memikirkan ageing,” ujarnya. Nafsiah melanjutkan, seseorang yang sehat sejak kecil hingga dewasa, tentu pada usia lanjut pun akan sehat.

Program Age Concern sendiri merupakan upaya mengajak masyarakat untuk peduli mengenai hal kelanjutusiaan. Upaya ini merupakan realisasi program peduli lanjut usia sehat yang harus dimulai sejak dini, bahkan sejak dalam kandungan dengan pendekatan seumur hidup atau life-long approach.

Program Age Concern diadapatasi dari program serupa yang diterapkan di Inggris dan telah menuai hasil yang baik. Saat ini, di Indonesia terdapat 20 juta warga berusia lanjut dan 70% di antaranya mengalami gangguan fungsional penyakit kronik. Untuk mencegah kondisi tersebut, dibuatlah program ini agar masyarakat sadar pentingnya menjaga kualitas hidup di usia lanjut.

Terdapat beberapa hal yang dilakukan dalam program ini, antara lain pemberian informasi dan edukasi mengenai kelanjutusiaan, pelayanan asesmen kesehatan, serta pelayanan aktivitas kesehatan. Program Age Concern untuk wilayah DKI Jakarta akan diselenggarakan di Sasana Tresna Werda Karya Bhakti, Cibubur.

Selain perkenalan Program Age Concern, CAS UI juga memberikan penghargaan kepada Sophie Sarwono (aktivis perempuan, pengurus Rumah Piatu), Uripto Widjaja (Pendiri PT. Toa-Galva), Saparinah Sadeli (aktivis kesetaraan gender, Ketua Komnas Perempuan 1998-2004), Kartini Mulyadi (pendiri kantor hukum Kartini Muljadi & Rekan, Ketua Majelis Wali Amanat UI 2002-2007), serta Sabrin O Ladongi (pendiri Yayasan Al Kautsar, aktivis CAS di Palu). Mereka diberi penghargaan atas keteladanan yang diberikan sebagai senior, juga atas kepeduliannya dalam bidang kelanjutusiaan. (YV)

~ dilihat : 264 kali ~