PSM UPI Raih Juara I di Ajang 7th National Folklore Festival

psm 1

Bandung , UPI

Universitas Pendidikan Indonesia memiliki banyak UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang bergerak di berbagai bidang, salah satunya adalah PSM UPI. PSM UPI yang memiliki kepanjangan Paduan Suara Mahasiswa UPI ini bergerak di bidang seni, khususnya bidang tarik suara.

Pada tahun ini PSM UPI meraih gelar juara pertama dalam ajang paduan suara tingkat nasional 7th National Folklore Festival yang diselenggarakan di Universitas Indonesia, Depok. PSM UPI berhasil mendapat poin tertinggi dari 25 peserta yang mengikuti ajang ini. Mereka berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta. Dalam 7th National Folklore Festival tersebut, PSM UPI membawakan tiga buah lagu secara acapella, diantaranaya lagu Cinta Indonesia, sebagai lagu wajib peserta lomba, lagu Badminton aransemen Eri RAF (Alm.) dan lagu Lir Ilir aransemen Langen Paran Dumadi.

Di tahun yang sama, pada tanggal 4 Juni 2013 PSM UPI sukses menggelar konser perdananya. Konser yang bertajuk Sovar Concert dan bertemakan Lovely be Lively ini diselenggarakan di Padepokan Seni Mayang Sunda dalam dua sesi. Dalam konser yang diketuai oleh Oki Dermawan ini, PSM UPI membawakan 12 lagu yang terdiri dari lagu Indonesia, lagu barat dan lagu daerah. Diantaranya lagu Perahu Kertas aransemen Farhan Reza Paz, C.I.N.TA aransemen Reza Eka Putra, Aku Ini Punya Siapa aransemen Langen Paran Dumadi, lagu medley Queen, Bulu, Delman, Bulan, Badminton, dll. Acara Sovar Concert Lovely be Lively tersebut berlangsung dengan iringan dari Symfoni Orchestra dan Include Band dan Dody M. Kholid. M.Sn. sebagai konduktor.

Kiprah PSM UPI

psm 4Saat ini, kepengurusan PSM UPI diketuai oleh Windy Rolesya, mahasiswi dari jurusan Pendidikan Seni Musik UPI. Di bawah kepengurusannya, kaderisasi dalam tubuh PSM UPI kembali berjalan setelah beberapa periode sempat vakum. Kini, PSM memiliki anggota lebih dari seratus orang yang berasal dari berbagai jurusan dan fakultas yang ada di UPI. Anggota PSM dipilih berdasarkan hasil audisi yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Audisi ini berlangsung dalam tiga tahap, yaitu tes menyanyi, tes musikalitas, dan yang terakhir adalah wawancara. Dengan tiga tahap yang dilewati oleh peserta, diharapkan peserta yang lolos menjadi anggota resmi PSM UPI adalah peserta yang berkualitas dan memiliki keinginan kuat untuk bergabung dalam UKM ini.

Selain itu, kegiatan yang dilakukan oleh PSM UPI diantaranya tampil di acara dalam maupun luar kampus dan latihan rutin. Latihan rutin dilakukan pada hari Rabu setiap minggunya. Untuk mempersiapkan penampilan di acara-acara tertentu, PSM UPI mengadakan latihan-latihan tambahan di luar jadwal latihan rutin. Mengisi acara di prosesi wisuda, pengukuhan guru besar, dies natalis UPI dan  upacara yang diadakan kampus merupakan acara yang rutin diisi oleh PSM UPI. Dari luar kampus, PSM UPI sering diundang untuk tampil di berbagai acara, antara lain tampil dalam acara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2009 di Sabuga Bandung, Ulang Tahun SOKSI ke-50 di Sabuga Bandung tahun 2012, acara Sumpah Pemuda Nasional tahun 2012 di Stadion Siliwangi Bandung, dan prestasi PSM UPI yang lain yaitu Juara 2 Peksiminas ke-10 pada tahun 2010 di Jambi. (Indira F. Apriani)