Promosi Doktor Indra Gusti Mansur

Indeks Berita


Promosi Doktor Indra Gusti Mansur

Posted by admin on 2013-03-18 09:48:10

Indra Gusti Mansur berhasil menjadi doktor lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Karakterisasi IL-1RacP (Reseptor Aksesori Protein Interleukin-1) dengan Antibodi Monoklonal (Abm) AY19 yang Memberikan Sinyal Ko-Aktovasi pada Ikatan CD2 di Limfosi Dara Perifer Manusia”. Disertasi tersebut diujikan dalam sidang promosi doktor pada Rabu (06/03), di Ruang Senat Akademik FK UI, Salemba.

Sidang diketuai oleh Prof. dr. Pratiwi P. Soedarmono, Sp.MK, Ph.D.. Sementara yang bertindak sebagai penguji adalah Prof. Dr. dr. Wahyuning Ramelan, Sp.And., Prof. Dr. dr. Ichramsyah A. Rachman, Sp.OG (K), Prof. Dr. dr. Sjamsuridjal Djauzi, Sp.PD. (K), dr. Alida R. Harahap, Sp.PK, PhD., Dr. Drs. Heri Wibowo, M.Biomed., dan Ahmad Utomo, Ph.D.. Sedangkan yang bertindak sebagai promotor adalah Prof. dr. Mohamad Sadikin, D.Sc. dan kopromotor, Prof. Dr. Armand Bensussan, Ph.D..

Dalam disertasinya, Indra menjelaskan peran Abm AY19 yang dapat digunakan untuk melacak target baru pada sel kanker, baik untuk diagnosis maupun imunoterapi sel kanker dari garis keturunan sel NK.

Abm AY19 akan sangat membantu dalam mendeteksi semua sel normal maupun abnormal manusia yang mengekspresikan molekul 85 kDa untuk tujuan diagnosis. Selain itu Abm AY19 bermanfaat pula untuk mengetahui dan mempelajari lebih jauh peran IL-1RacP pada sel darah manusia dan perannya dalam kehidupan, menguji IL-1RacP sebagai petanda spesifik untuk kanker tertentu sehingga dapat digunakan untuk diagnosis dan terapi.

Secara garis besar, dapat disimpulkan bahwa Abm AY19 dapat mengenali molekul permukaan sel PBMC, sel NK, limfosit T, limfosit B, dan limfosit T penderita T-ALL, juga pada sekitar 50-60% dari populasi sel punca hematopoietik darah tali pusat manusia. (IRH)

~ dilihat : 436 kali ~