Promosi Doktor Ferry Pergamus Gultom

Indeks Berita


Promosi Doktor Ferry Pergamus Gultom

Posted by admin on 2013-07-09 09:26:00

Pada Senin pagi  (08/07) bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) Kampus Salemba Jakarta, telah berlangsung acara promosi doktor atas nama Ferry Pergamus Gultom drg, M.Biomed. Ferry berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Respons Biologis Fibroblas dan Osteoblas yang Diinduksi dengan CDT-like Protein Aggregatibacter actynomicetemcommitans hasil isolasi dari Periodontitis Kronis dan Periodontitis Agresif dengan yudisium sangat memuaskan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.85.

Staf pengajar tetap FKG UI ini merupakan lulusan doktor ketiga pada Tahun 2013 dan lulusan ke-70 dari FKG UI. Disertasi Ferry membahas tentang penyakit periodontal baik periodontitis kronis maupun periodontitis agresif. Menurutnya penyakit periodontal adalah manifestasi klinis dari interaksi agen-agen berupa bakteri-bakteri seperti A. actynomicetemcommitans (Aa) dan produknya antara lain Cytolethal Distending Toxin (CDT) dengan hasil sel inang di jaringan periodontal seperti sel fibroblas dan osteoblas. Interaksi tersebut dan dampaknya dalam patogenesis penyakit periodontal belum sepenuhnya dipahami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan peran CDT-like protein Aa yang diisolasi dari periodontitis kronis dan agresif dalam patogenesis penyakit periodontal, dengan cara memaparkan lisat bakteri yang mengandung CDT-like protein dengan fibroblas dan osteoblas. Dampak dari interaksi tersebut dievaluasi berdasarkan analisis viabilitas dan ekspresi mRNA IL-1, IL-6, TNF- dan RANKL dengan menggunakan metode MTT assay dan real time . Penelitian ini diharapkan bermanfaat dan membuat dunia kesehatan di Indonesia menjadi lebih maju.

Sidang promosi doktor dipimpin Prof. Bambang Irawan, drg., Ph.D., sedangkan  ketua tim penguji adalah Endang W. Bachtiar, drg., M. Biomed., Ph.D dan penguji lainnya  Prof. Agus Syahrurachman, dr.,Ph.D.,Sp.MK, Prof. Rondang R. Soegianto, Dra., MSc., Ph.D, Dr. Sri Redjeki, drg., MS, dan Dr. Mochammad Fahlevi Rizal, drg., Sp.KGA(K). Bertindak sebagai Promotor  Prof. Boy M. Bachtiar, drg., MS, Ph.D dengan Ko-Promotor Ariadna A. Djais, M.Biomed., Ph.D. (WND)