Program ZIS di Masjid UI: Berbagi Untuk Orang-Orang Terdekat

Indeks Berita


Program ZIS di Masjid UI: Berbagi Untuk Orang-Orang Terdekat

Posted by humas-ui on 2013-07-31 12:12:08

Bulan Ramadhan identik dengan semangat berbagi dan kebersamaan, terutama untuk orang-orang terdekat. Inilah semangat yang melatarbekangi Program Zakat Infak Sedekah (ZIS) yang diadakan oleh Masjid Ukhuwah Islamiyah (MUI) Depok . Program ini sebenarnya rutin diadakan tiap tahun semenjak MUI berdiri di UI Depok, namun yang istimewa kali dalam ramadhan tahun ini adalah sasaran pemberian zakat yang lebih diperuntukkan untuk warga UI yang kurang mampu, seperti penjaga-penjaga mushala di UI, para tukang sapu di UI, sopir, penjaga sepeda UI serta para penjaga keamanan.

Ahmad bin Yasin (Koordinator Zakat MUI) mengatakan bahwa alasan kenapa program zakat tahun ini lebih ditekankan kepada warga sekitar UI yang kurang mampu adalah karena menurutnya, kepedulian dan semangat untuk berbagi haruslah diutamakan dari orang-orang terdekat dahulu, dalam hal ini orang-orang di dalam UI sendiri. Ia juga menuturkan bahwa kedepannya MUI merencanakan untuk menyalurkan zakat ini dalam bentuk beasiswa pendidikan untuk mahasiswa-mahasiswa kurang mampu di UI. “Kami ingin mencontoh program Beasiswa Perintis Nusantara (BPN) dari ITB, yang membidik mahasiswa Bidik Misi dimana sumber utama dari beasiswa ini adalah zakat, “ujarnya.
Program ZIS di MUI melayani pemberian Zakat Fitrah, Zakat Harta (Maal), Infaq dan Sadaqah. ” Pemberian zakat fitrah dapat dilakukan dengan beras 3,5 liter atau uang 25.000 rupiah, lebih dari itu juga bisa” tuturnya menambahkan. Penerimaan zakat ini akan dilakukan dari tanggal 26 Juli sampai 1 hari sebelum idul Fitri. Penyaluran zakat dapat dilakukan dengan mendatangi sekretariat zakat di MUI atau dengan mentransfer zakat melalui rekening panitia. Letak sekretariat zakat ini ada di depan dan di samping mimbar masjid dan dibuka dari pukul 14.00 – 18.00 . Panitia MUI sendiri rencananya untuk Ramadhan 1434 H ini akan melakukan pengambilan zakat langsung di fakultas-fakultas di UI . Sebagai tambahan, untuk tahun 2012 lalu, total ZIS yang diterima oleh MUI adalah sebesar Rp 1.161.000.(WND)