Program Studi Gizi FKM Kembali Gelar Gizi untuk Bangsa

Indeks Berita


Program Studi Gizi FKM Kembali Gelar Gizi untuk Bangsa

Posted by humas-ui on 2013-09-05 10:47:58

Program Studi Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI untuk kedua kalinya kembali mengadakan acara Gizi untuk Bangsa yang bertajuk “Menebar Ilmu, Membangun Negeri”. Rangkaian acara Gizi untuk Bangsa berlangsung di Fakultas Kesehatan Masyarakat pada 3-5 September 2013. Secara keseluruhan, Gizi untuk Bangsa merupakan acara seminar diseminasi hasil penelitian tahunan yang diadakan Program Studi Gizi FKM UI. Topik-topik penelitiannya beragam, namun masih di seputar permasalahan gizi dan kesehatan, seperti isu gizi kurang, promosi gizi dan kesehatan serta inovasi produk makanan kaya gizi, hingga tentang permasalahan penyakit degeneratif. Penelitian-penelitan tersebut antara lain adalah penelitian skripsi yang dilakukan di beberapa lokasi seperti Garut, Probolinggo, Malang, juga di daerah Jabodetabek.

Seminar dibuka dengan sambutan dari Koordinator Gizi untuk Bangsa Jilid II Ir. Asih Ati Setiarini, M.Sc. yang kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari perwakilan Departemen Gizi FKM UI Dr. H. Engkus Kusdinar Achmad, M.P.H. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan keynote speech dari Ir. Ahmad Syafiq, Ph.D. Pada kesempatan tersebut, Syafiq menyampaikan soal perbandingan penguasaan kompetensi lulusan Program Studi Gizi dan Program Studi Kesehatan Masyarakat di FKM UI Program Studi Gizi, kata dia, merupakan program studi pertama di FKM UI yang menerapkan problem based learning dalam perkuliahannya. Hal tersebut yang kemudian berdampak pada kualitas lulusan yang dimiliki Program Studi Gizi.

Selanjutnya, ada keynote speech dari drg. Yani Suryani M Kes, perwakilan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Ia antara lain menjelaskan tentang pelayanan kesehatan yang diberikan pemerintah DKI Jakarta bagi masyarakat seperti Program Kartu Jakarta Sehat (KJS) Program KJS merupakan upaya pemerintah dalam memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Jakarta. Dalam pelaksanaannya, program ini juga bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran UI. Setelah itu, keynote speech dilanjutkan oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Kerjasama Industri Prof. Dr. dr Siti Setiati SpPD(K) yang menjelaskan tentang metode Kurikulum Berbasis Kompetensi dan pengaruhnya terhadap peran mahasiswa UI dalam pengembangan riset. Menurutnya, pengembangan riset harus terus digalakkan karena terkait visi UI untuk menjadi universitas riset kelas dunia.

Acara yang diselenggarakan oleh para alumni Program Studi Gizi ini terdiri atas dua sesi setiap harinya. Di setiap sesi, terdapat empat panel yang keempatnya diadakan dalam satu waktu pada ruangan yang berbeda. Pada hari pertama, setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan delapan panel. Sementara itu, pada hari kedua dan ketiga masing-masing diadakan sebelas dan enam panel. Setiap panel diikuti lebih kurang 30 peserta dari berbagai institusi pendidikan dan kesehatan di Indonesia. (KHN)