Program Ekspedisi Nusantara Jaya Ajak Generasi Muda Tingkatkan Wawasan Kemaritiman

nusantara2

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut B. Panjaitan, melepas 676 peserta untuk program Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Pelabuhan Tanjung Priok pada Kamis (22/9/2016).

ENJ merupakan sebuah program penjelajahan bahari nusantara yang diikuti oleh para pemuda Indonesia yang terdiri dari unsur mahasiswa,pramuka, serta siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

Tahun ini ENJ berfokus pada semangat kepemudaan dengan tema besar “Meningkatkan Wawasan Kemaritiman Generasi Muda dan Merajut Pulau-Pulau Terdepan Wilayah Republik Indonesia”.

Nantinya para pemuda ini akan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, bakti sosial, dan pelayanan kesehatan di beberapa titik daerah di Indonesia yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

“Diharapkan dengan  melihat luasnya Indonesia beserta kekayaan alam dan potensi laut yang dimilikinya, nantinya para pemuda ini akan lebih memahami dan mencintai negaranya sendiri, “ ujar Luhut pada pembukaan acara.

Para peserta akan berlayar dengan KRI Makasar dan KRI Surabaya dengan rute Jakarta – Bangka – Tanjung Pinang – Ranai – Talang Datu – Pontianak dan mengakhiri kegiatan di Kayong, Kalimantan Barat pada 15 Oktober.

nusantara

Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Safri Burhanuddin mengatakan ENJ adalah bagian dari program besar Sail Selat Karimata yang mempunyai tujuan peningkatan pariwisata.

Rangkaian kegiatan Sail Selat Karimata akan dilaksanakan selama sebulan penuh dan tersebar di empat provinsi, yakni Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Jambi dan Kalimantan Barat.

Di lokasi-lokasi ini nantinya para peserta akan diajak mengenali wilayah, berinteraksi dengan warga sekitar, serta mengenali  potensi pariwisata yang ada.

Diharapkan melalui kegiatan-kegiatan ini nantinya para peserta dapat menjadi agen pengenalan pariwisata Indonesia ke banyak orang, sehingga dapat terjadi peningkatan jumlah turis di titik-titik tersebut.

UI dalam kegiatan ENJ ini mengirimkan 3 kelompok dengan total 30 mahasiswa yang akan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Pulau Tidung Besar pada 2-9 Oktober 2016.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan akan berfokus pada tiga tema, yaitu pendidikan, ekonomi kreatif, dan kesehatan lingkungan.

Ada total 9 program yang akan dilaksanakan oleh tim ENJ UI, di antaranya adalah pengembangan produk ekonomi berbasis sukun dan minyak kelapa, pembuatan laman desa.id, serta program UKS cerdas.

Semua program ini mempunyai tujuan untuk menyejahterakan warga setempat dan memaksimalkan potensi lokal untuk peningkatan pariwisata setempat.

Penulis : Wanda Ayu