Prof. Sunaryo : Pendidikan Pengaruhi Kualitas Hidup Siswa

1a

Bandung, UPI

Trend kondisi pada tahun 2045 akan mengacu pada perkembangan teknologi informasi, komplesitas, dan pola respon. Teknologi informasi mengubah pola hidup dan pola pikir serta digunakan dalam berbagai hal. Terdapat permasalahan yang cukup komplek yang dapat menggangu kesejahteraan seperti defisit lingkungan maupun energi, lalu adanya kesenjangan dalam kehidupan bermasyarakat, serta kecakapan dalam merespon kompleksitas masalah.

“Untuk itu kita harus mampu mencari solusi dalam nuansa kolaboratif dalam rangka melahirkan pengetahuan baru secara berkelanjutan atau inovatif,” ujar Prof. Sunaryo Kartadinata, M.Pd pada Konferensi Nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana (SPs) UPI di Auditorium Lt. 5 Gedung SPs UPI, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Menurut Rektor UPI, pendidikan merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi kualitas hidup, selain itu juga dipengaruhi oleh faktor ekonomi, energi, lingkungan dan equity. “Dalam kerangka pikir belajar abad 21, siswa harus menjadi pelajar seutuhnya yang memiliki pengetahuan, keterampilan, motivasi, nilai, sikap, keyakinan, agama, perasaan, kesehatan, keamanan, kelenturan, serta didukung dengan lingkungan belajar seutuhnya, yaitu kelas, sekolah, rumah, perpustakaan, studio, museum, teknologi belajar, sumber masyarakat, standar, asesmen, pengembangan profesional, leadership, kebijakan, serta lainnya,” tambahnya.

3aKonferensi Nasional ini mengusung tema “Menyongsong Generasi Emas 2045”, dilaksanakan dalam beberapa jenis kegiatan, diantaranya sesi Seminar Panel yang menghadirkan berbagai pakar dan ahli dalam dunia pendidikan, diantaranya Rektor UPI Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd., dengan tema “Peran pendidikan dalam menyongsong generasi emas 2045”, Ketua Tim Perumus Kurikulum 2013 Prof . Dr. H. Said Hamid Hasan, MA., dengan tema “Implementasi kurikulum 2013 dalam menyongsong generasi emas 2045”, Mantan Dirjen PAUD Kemdikbud Dr. Sudjarwo Singowidjojo, M.Sc., dengan tema “Pendidikan anak usia dini dalam menyongsong generasi emas 2045”, dan Guru Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2013 Subagyo, S.Pd., sebagai pembicara pada “Guru Profesional dalam menyongsong generasi emas 2045”, lalu kegiatan berikutnya ada sesi Seminar dan Workshop Paralel yang berisi pemaparan beragam karya ilmiah, artikel hasil penelitian dan produk pembelajaran inovatif. Kegiatan ini berlangsung hingga, Sabtu (23/11/2013), mulai pukul 08.00 WIB s.d 16.00 WIB.

Mengembangkan pemahaman dan pengetahuan yang menyeluruh mengenai pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pendidikan dasar (SD) yang berkesinambungan, menjadi maksud dan tujuan diaselenggarakannya kegiatan ini, selain itu juga sebagai forum untuk berbagi pengetahuan keilmuan dan penemuan penelitian serta praktik-praktik pembelajaran inovatif dan kreatif di tingkat PAUD dan SD. Sasaran dari kegiatan ini adalah guru SD, pendidik PAUD, akademisi dan praktisi pendidikan, pemerhati pendidikan, serta para mahasiswa. (Dodiangga)

~ dilihat : 503 kali ~