Prof. Dr. Singgih Dirga Gunarsa Berpulang

Singgih Gunarsa_websizeSelasa (6/2/2015), Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Prof. Dr. Singgih Dirga Gunarsa berpulang. Pakar psikologi perkembangan tersebut meninggal di usianya yang ke-80. Pria yang semasa hidupnya telah berjasa dan mengabdikan dirinya bagi kemajuan ilmu psikologi di Indonesia ini meninggalkan seorang istri, Dra. Yulia Singgih Dirga Gunarsa, dan tiga orang anak.

Untuk mengenang jasa-jasanya, Kamis (8/2/2015), UI menggelar acara penghormatan terakhir untuk Prof. Singgih di Fakultas Psikologi, Kampus UI, Depok. Turut hadir dalam acara tersebut, Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met., Dekan Fakultas Psikologi Dr. Tjut Rifameutia Umar Ali, M.A., dan sejumlah sivitas UI.

Prof. Singgih pernah menjabat di antaranya sebagai Pembantu Dekan I Fakultas Psikologi UI pada 1976—1980. Lulusan Fakultas Psikologi UI tahun 1963 ini juga pernah mengenyam pendidikan di Universitas Tavistock Institut London, Inggris (1970), Universitas of Hawaii, AS (1972), dan menyelesaikan pendidikan doktoralnya pada Vrije Universiteit Amsterdam Belanda pada tahun 1980. Ia dinobatkan sebagai guru besar UI pada 1 April 1980.

Di dunia pendidikan, karya Prof. Singgih banyak dikenal dari buku-buku dan penelitiannya seputar psikologi anak dan remaja. Buku-buku yang pernah diterbitkannya antara lain Dasar dan Teori Perkembangan Anak (1981), Psikologi Perkembangan: Anak, Remaja, dan Keluarga (1991), dan Psikologi Olahraga: Teori dan Praktik (1996). Selain aktif sebagai pengajar, peneliti, dan penulis buku, Prof. Singgih juga menaruh perhatian besar dalam bidang keolahragaan.

Ia turut aktif dalam struktur Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia pada 1967—1998 dan berperan penting dalam keberhasilan dunia bulu tangkis Indonesia pada era 1970—1980. Sebagai psikolog, ia beberapa kali dipercaya sebagai psikolog dari tim bulu tangkis Indonesia. Penghargaan yang pernah ia terima antara lain “Meritorius Service” dari Christian Children’s Fund Richmond, Amerika, dan piagam penghargaan sebagai “Pelopor Psikologi Olahraga di Indonesia” dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI). (KHN)

~ dilihat : 325 kali ~