Prof. Dadang Sunendar : Mahasiswa UPI Punya Banyak Bakat

Partere

Bandung, UPI

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kemahasiswaan, Kemitraan dan Usaha UPI, Prof Dr. H. Dadang Sunendar, M.Hum memberikan sambutan dalam kegiatan Seleksi Tilawah Al-Qur’an MTQ Nasional XIV, Jumat 3 April 2015 di Gd. Ampiteater Kampus UPI Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Prof. Dadang mengatakan bahwa kegiatan ini penting karena bisa mengharumkan nama UPI di kancah nasional oleh karena itu seleksi yang dilakukan harus benar-benar ketat sehingga peserta yang akan diutus pada tingkat nasional merupakan peserta terbaik.

“Tidak menutup kemungkinan UPI akan menjadi tuan rumah pada ajang selanjutnya namun harus membuktikan terlebih dahulu dengan prestasi yang menonjol karena prestasi bagus berarti pembinaannya bagus, pembinaan bagus berarti juga persiapannya bagus oleh karena itu melalui kegiatan ini akan memunculkan peserta terbaik dari mahasiswa UPI”, kata Prof. Dadang.

Sebelumnya sambutan disampaikan oleh Direktur Pembinaan Kemahasiswaan sekaligus ketua pelaksana, Dr. H. Syahidin, M.Pd yang mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan yang bagus untuk melatih serta menyiapkan mahasiswa baru sehingga siap untuk kesempatan berikutnya dengan berbagai pembinaan yang akan dilakukan untuk menghidupkan syiar Islam di kampus ini. Dengan Universitas Indonesia (UI) sebagai tuan rumah sehingga dengan jarak yang cukup dekat, kita bisa mengantarkan mahasiswa sehingga mereka bisa belajar dan menyiapkan diri.

Kegiatan Seleksi Tilawah Qur’an MTQ Nasional XIV di tingkat UPI dilaksanakan dari tanggal 3-5 April 2015 dimulai dari pembukaan yang juga diisi dengan hiburan berupa nasyid dari UPTQ adapun lomba yang ada pada kegiatan ini berupa : (1) Musabaqoh Hifzil Qur’an 1 juz, 5 juz dan 10 juz (2) Musabaqoh Khattil Qur’an/Kalifgrafi (3) Musabaqoh Qira’at Sab’ah (4) Musabaqoh Syahril Qur’an (5) Musabaqoh Fahmil Qur’an (6) Musabaqoh Tartil Qur’an (7) Lomba Karya Tulis Ilmiah (8) Desain Aplikasi Al-Qur’an (9) Debat Bahasa Inggris dan (10) Debat Bahasa Arab.

Tanggapan dari salah seorang dewan juri Seleksi Tilawah Qur’an MTQ Nasional XIV yaitu, Dr. H. Mad Ali, MA mengatakan bahwa antusias dari para mahasiswa kali ini lebih tinggi dari pelaksanaan tahun sebelumnya disebabkan oleh informasi dan publikasi yang lebih awal sehingga bisa menyebar keseluruh prodi dan juga kampus daerah. Secara keseluruhan peserta juga lebih banyak dan baik dibandingkan tahun sebelumnya sayangnya masih ada beberapa perlombaan yang belum terisi.Dari segi panitia juga lebih maksimal karena ditangani oleh Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan (Dirmawa) kalau tahun sebelumnya hanya dari pengurus Al-Furqon saja sehingga masih terdapat beberapa keterbatasan.

Kedepan Mad Ali berharap, adanya pembinaan khusus dari Dirmawa terhadap peserta yang akan mengikuti seleksi tingkat nasional melibatkan banyak pembimbing disetiap cabang lomba karena masih ada waktu sampai bulan juli untuk melakukan pembinaan dengan target juara umum pada ajang Seleksi Tilawah Al-Qur’an MTQ Nasional XIV nanti.

Penyisihan dilakukan mulai hari Jum’at siang hingga Sabtu sedangkan untuk final dilaksanakan pada hari Minggu sekaligus pengumuman juara dan pembagian hadiah di Aula Al-Furqon. Setelah itu akan ditentukan sesuai dengan hasil seleksi mahasiswa yang akan mewakili UPI dalam Seleksi Tilawah Al-Qur’an MTQ Nasional XIV di Universitas Indonesia (UI), Depok. (Aan Agustan, Kontributor Humas UPI)

~ dilihat : 218 kali ~